Jum'at, 17/05/2024 13:34 WIB

Lakukan Cara ini Agar Tumbuh Tinggi yang Ideal

Ada beberapa cara meninggikan badan dengan cepat dan efektif secara alami. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi.

Cara meninggikan badan ( Foto : Kompas Health )

Jakarta, Jurnas.com - Tinggi badan yang ideal adalah dambaan bagi hampir setiap orang. Jadi, tak heran jika banyak orang mencari cara meninggikan badan dengan cepat dan mudah.

Namun, perlu diingat bahwa seseorang biasanya berhenti tumbuh lebih tinggi setelah melewati usia pubertas. Artinya, setelah melewati usia tersebut, tidak tidak ada cara instan untuk menambah tinggi badan secara signifikan.

Sebaliknya, saat masih dalam usia pertumbuhan, ada beberapa cara meninggikan badan dengan cepat dan efektif yang dapat dilakukan.

Berikut ini beberapa cara meninggikan badan dengan cepat.

Penuhi durasi tidur yang cukup

Inilah durasi tidur yang direkomendasikan untuk berbagai kelompok usia:

- Bayi baru lahir hingga usia 3 bulan: 14-17 jam.

- Bayi usia 4-12 bulan: 12-16 jam.

- Balita usia 1-2 tahun: 11-14 jam. 

- Anak kecil usia 3-5 tahun: 10-13 jam.

- Anak-anak usia 6-13 tahun: 9-12 jam.

- Remaja usia 14-17 tahun: 9-12 jam.

- Dewasa usia 18-64 jam: 7-9 jam.

- Orang dewasa yang lebih tua di atas usia 65 tahun: 7-8 jam.

Makanan bergizi

Asupan vitamin D dapat kamu peroleh dari ikan tuna, salmon, susu fortifikasi, dan kuning telur. Namun jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D dalam makanan, bicarakan dengan dokter tentang konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian.

Sementara itu, untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, makanan harus mencakup:

- Buah-buahan.

- Sayuran.

- Biji-bijian utuh.

- Protein.

- Produk susu.

Suplemen yang ideal

Penggunaan suplemen untuk menambah tinggi badan mungkin cocok hanya pada beberapa kasus. Misalnya, jika seseorang memiliki kondisi yang memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH), dokter dapat merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintetis.

Dan bagi orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D atau kalsium untuk mengurangi risiko osteoporosis. 

Perbaiki postur tubuh

Harus diketahui, jika punggung harus melengkung secara alami di tiga tempat. Jika tubuh secara teratur membungkuk, kurva tersebut dapat bergeser untuk mengakomodasi postur baru. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit di leher dan punggung. 

Maka itu, pentingnya Anda untuk memerhatikan cara berdiri, duduk, dan tidur.

Bicarakan dengan dokter tentang bagaimana cara memperbaiki postur tubuh yang baik. Dokter dapat merekomendasikan cara berlatih yang mereka rancang untuk memperbaiki postur tubuh.

Rutin olahraga

Mengutip dari jurnal Sports Medicine dalam judul The effects of Exercise on Growth, olahraga dapat menstimulasi pertumbuhan badan melalui efek stimulasi terhadap hormon pertumbuhan dalam tubuh. 

Inilah olahraga yang dapat meninggikan badan diantaranya :

- Berenang.

- Bersepeda.

- Yoga.

- Basket. 

Hindari obat tertentu

Gangguan pertumbuhan tinggi anak bisa terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu. Termasuk penggunaan steroid jangka panjang pada anak dapat menyebabkan gangguan tinggi anak karena memengaruhi pertumbuhan tulang.

Selain itu, pengobatan kemoterapi atau radiasi pada anak juga bisa memengaruhi produksi hormon pertumbuhan tulang pada anak. Hal ini membuat pertumbuhan tinggi anak tidak maksimal.

KEYWORD :

Tidur ideal cara tumbuh tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :