Senin, 20/05/2024 06:23 WIB

Vietnam Diam-diam Beli Senjata Rusia, AS Tutup Mata?

Kementerian Keuangan Vietam sudah menguraikan rencana pembelian senjata dari Kremlin melalui proyek minyak dan gas bersama di Siberia.

Presiden Joe Biden bertemu dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan di Hanoi, Vietnam, 11 September 2023 (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Vietnam diam-diam berencana membeli senjata dari Rusia. Dalam laporan yang diungkap New York Times, Kementerian Keuangan Vietam sudah menguraikan rencana pembelian senjata dari Kremlin melalui proyek minyak dan gas bersama di Siberia.

Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Rusia merupakan pemasok senjata utama di Asia Tenggara, dengan menjual peralatan pertahanan senilai sekitar $10,7 miliar (Rp153,6 triliun) ke kawasan itu antara 2000 dan 2019.

SIPRI merinci sebagai besar senjata dikirim ke Vietnam, sehingga hampir 80 persen peralatan militer Vietnam dipasok oleh Rusia sejak 2000. Sedangkan antara 2015 dan 2021, Rusia menjual senjata senilai $247 juta (Rp3,5 triliun) ke Myanmar, $105 juta (Rp1,5 triliun) ke Laos, dan $47 juta (Rp678 miliar) ke Thailand.

"Fasilitas kredit yang akan diberikan Rusia kepada Vietnam untuk membeli persenjataan berat. Termasuk rudal anti-kapal, pesawat dan helikopter anti-kapal selam, sistem rudal anti-pesawat terbang, dan jet tempur," demikian laporan Reuters baru-baru ini.

Sebelumnya pada 2021, Indonesia membatalkan rencana membeli 11 unit jet tempur Su-35 Rusia. Pasalnya, ada kekhawatiran terkena sanksi dari Amerika Serikat (AS) terhadap negara yang mempunyai kerja sama pertahanan atau ekonomi dengan Rusia, Iran serta Korea Utara. Instrumen hukum itu bernama Undang-Undang Melawan Musuh Amerika Serikat Melalui Sanksi (CAATSA).

Meskipun Vietnam membeli sejumlah senjata dari Rusia, AS mengambil sikap lembut. Pada 11 September 2023 lalu, Presiden AS Joe Biden bertemu dengan pemimpin Partai Komunis yang berkuasa di Vietnam, Nguyen Pho Trong, untuk memperdalam kerja sama antara kedua negara.

KEYWORD :

Vietnam Rusia Amerika Serikat Pembelian Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :