Jum'at, 17/05/2024 13:37 WIB

Daftar Sayuran Termahal di Dunia, Ada yang Jutaan

Umumnya sayuran dijual dengan harga relatif terjangkau.Tapi siapa sangka, di dunia ini ada beberapa sayuran yang tergolong sangat mahal

Salah satu sayuran termahal di dunia ( Foto : Berita 99 )

Jakarta, Jurnas.com - Sayuran biasanya dijual tak semahal daging, tapi berbeda dengan 7 sayuran termahal di dunia ini. Harga per kilogramnya bahkan ada yang capai Rp 100 juta! Apa istimewanya?

Di berbagai negara, umumnya sayuran dijual dengan harga relatif terjangkau. Harganya tak lebih dari produk hewani seperti susu hingga daging.

Tapi siapa sangka, di dunia ini ada beberapa sayuran yang tergolong sangat mahal? Harga per kilogramnya sudah capai jutaan rupiah, bahkan ada yang ratusan juta.

Mengutip Success Story, inilah daftar sayuran termahal di dunia:

Yartsa Gunbu (Rp 29 juta per 28 gram)

Sayuran eksotis ini berasal dari Tibet dan dinobatkan sebagai yang termahal di dunia. Harga per ons (28 gramnya) sekitar Rp 29 juta atau sekitar Rp 101,5 juta per kg! Yartsa gunbu merupakan sejenis jamur yang tampilannya mirip wortel panjang, kurus, dan kering.

Hop Shoots (Rp 6,2 juta per 450 gram)

Hop shoots harus dipetik langsung dengan tangan. Bentuknya yang sangat kecil membuat sayuran ini sulit dicari.

Butuh kesabaran dan waktu lama untuk memanen sayuran ini. Umumnya hop shoots dimanfaatkan untuk proses fermentasi bir. Lalu bagian pucuknya, mirip seperti kale, bisa dimasak menjadi berbagai hidangan yang khas.

Spanish Peas (Rp 5,1 juta per 450 gram)

Kacang ini adalah favorit banyak chef restoran berbintang Michelin di Spanyol.

Sayuran ini menjadi istimewa karena tempat tumbuhnya yang berada dekat Laut Cantabrian membuat kacang polong punya rasa berbeda. Chef Jamie Burgana menyebut cita rasanya halus, penuh herba, asin, dan manis, dengan kandungan air di dalamnya.

Kentang La Bonnote (Rp 4,6 juta per 450 gram )

Kentang umunya merupakan jenis sayuran termurah di dunia, tapi tidak dengan La Bonnotte yang harganya bisa capai Rp 10 juta-an per kilogramnya.

Kentang ini istimewa lantaran proses tumbuhnya diberi pupuk berbahan rumput laut dan alga yang membuat rasa `earthy`nya muncul.

Kentang La Bonnotte hanya dibudidayakan dan dipanen di Noirmoutier, sebuah pulau di lepas pantai Prancis Barat. Tiap tahun, kentang ini hanya diproduksi 100 ton untuk kemudian disajikan di beberapa restoran paling mewah di Prancis.

Akar Wasabi (Rp 1 juta per 450 gram )

Ternyata bahan baku pasta hijau bercita rasa pedas ini sangatlah mahal. Wasabi segar, bukan yang olahan, bisa dijual Rp 1 juta per 450 gram. Biasanya didapat langsung dari petani atau supplier, bukan di toko.

Bayam Asafumi Yamashita (Rp 190 ribu per 450 gram)

Biasanya di Indonesia bayam dibrandol satu ikat sekitar 5 ribu rupiah saja, namun bayam ini dikembangbiakkan khusus oleh penanam sayuran asal Jepang yang tinggal di Prancis, Asafumi Yamashita. Ia menyebut proses penanaman bayam yang khusus membuat rasanya begitu istimewa. Bayam ini hanya dijual ke 7 chef restoran berbintang Michelin di Prancis.

Selada Pink  (Rp 146 ribu per 450 gram)

Sayuran ini umumnya tumbuh di Italia, namun belakangan juga tumbuh di beberapa area di Amerika Serikat.

Di supermarket Amerika Serikat, sayuran unik ini mulai memasuki pasar pada awal 2017. Rasanya sedikit lebih pahit dari selada hijau yang umum dijual di pasaran.

KEYWORD :

Sayuran termahal dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :