Minggu, 28/04/2024 14:48 WIB

Korban "Ghosting" Rentan Kena Kesehatan Mental, Ini 4 Alasannya

Biasanya, pelaku ghosting menghilang tiba-tiba bahkan memutuskan kontak dengan pasangan secara sepihak.

Ilustrasi Ghosting (Foto: Solopos)

Jakarta, Jurnas.com - Ghosting adalah sebuah situasi ketika seseorang ditinggalkan begitu saja oleh pasangannya, tanpa ada obrolan atau kalimat putus. Biasanya, pelaku ghosting menghilang tiba-tiba bahkan memutuskan kontak dengan pasangan secara sepihak.

Meskipun orang yang melakukan ghosting memiliki alasan tersendiri, namun meninggalkan pasangan dan menghilang begitu saja bisa menyakiti bahkan bisa membuat pasangan kaget dan kebingungan. Maka dari itu, hindari melakukan ghosting kepada pasangan sebab akan menimbulkan berdampak buruk pada mental si korban ghosting.

Simak 4 dampak buruk yang bisa terjadi kepada kesehatan mental si korban ghosting:

1.  Kebingungan

Korban ghosting akan mengalami kebingungan. Mereka akan merasa dibuang oleh pasangan mereka yang bisa membuat pikiran mereka kacau.

2.  Menyalahkan diri sendiri

Karena tidak tahu alasan ditinggalkan atau dicampakkan begitu saja, si korban ghosting ini akan cenderung untuk menghakimi dan menyalahkan dirinya sendiri. Bahkan ia akan menduga-duga kekurangannya dan kesalahannya pada pasangannya. Namun dia tetap berharap bisa mendapatkan penjelasan atas kejadian itu.

3.  Merasa rendah diri

Korban akan merasa rendah diri lantaran tidak dihargai oleh orang yang dicintainya. Dia akan mengira bahwa dirinya memiliki begitu banyak kekurangan sehingga tidak layak dipertahankan dan selayaknya dibuang begitu saja.

4. Timbulkan rasa sakit

Korban akan enggan untuk melakukan apapun dan tidak selera untuk makan apapun. Perasaan emosional si korban ghosting yang terganggu ini dapat membuatnya merasakan luka yang setara dengan luka fisik.

Karena dampak buruk yang bisa timbul tersebut, sebaiknya hindari melakukan ghosting terhadap pasangan. Komunikasi apapun tentang hubungan kalian. Meskipun akan menyakiti pasangan di awal, setidaknya pasanganmu tidak akan mengambil asumsi sendiri dan menyalahkan dirinya karena perpisahan kalian.

KEYWORD :

Ghosting Mental Bahaya Hubungan Percintaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :