Kamis, 09/05/2024 15:10 WIB

Cara Atasi Serangan Siber yang Mengancam UMKM

Satu serangan siber dapat mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi yang sangat besar bagi perusahaan

Ilustrasi virus malware

Jakarta, jurnas.com - Adanya ancaman penjahat siber menargetkan UMKM dengan segala jenis ancaman – mulai dari malware yang menyamar sebagai perangkat lunak bisnis hingga phishing dan penipuan email yang rumit – bisnis harus tetap waspada.

Hal ini penting karena satu serangan siber dapat mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi yang sangat besar bagi perusahaan. Untuk menjaga bisnis terlindungi dari ancaman siber, kami menyarankan Anda melakukan hal berikut:

1. Berikan staf Anda pelatihan kebersihan keamanan siber dasar. Lakukan simulasi serangan phishing untuk memastikan bahwa mereka mengetahui cara mengenali email phishing.

2. Jika Anda adalah pengguna Microsoft 365, ingatlah untuk melindunginya juga. Kaspersky Security untuk Microsoft Office 365 mencakup aplikasi khusus yang menargetkan spam dan phishing, serta melindungi SharePoint, Teams, dan OneDrive untuk komunikasi bisnis yang aman.

3. Menetapkan kebijakan untuk mengontrol akses ke aset perusahaan, seperti inbox email, folder bersama, dan dokumen online. Selalu perbarui dan hapus akses jika karyawan telah keluar dari perusahaan atau tidak lagi memerlukan data tersebut. Gunakan perangkat lunak broker keamanan akses cloud yang dapat membantu mengelola dan memantau aktivitas cloud karyawan dan menegakkan kebijakan keamanan.

4. Membuat cadangan data penting secara rutin untuk memastikan informasi perusahaan tetap aman dalam keadaan darurat.

5. Memberikan pedoman yang jelas mengenai penggunaan layanan dan sumber daya eksternal. Karyawan harus mengetahui alat mana yang boleh atau tidak boleh mereka gunakan dan alasannya. Setiap perangkat lunak kerja baru harus melalui proses persetujuan yang diuraikan dengan jelas oleh TI dan peran bertanggung jawab lainnya.

6. Mendorong karyawan untuk membuat kata sandi yang kuat untuk semua layanan digital yang mereka gunakan dan untuk melindungi akun dengan autentikasi multifaktor jika memungkinkan.

7. Gunakan layanan profesional untuk membantu Anda memaksimalkan sumber daya keamanan siber Anda. Paket Layanan Profesional Kaspersky untuk UMKM yang baru memberikan akses ke keahlian Kaspersky seperti penilaian, penerapan, dan konfigurasi: yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan paket tersebut ke dalam kontrak, dan pakar kami akan melakukan sisanya.

8. Gunakan solusi keamanan untuk titik akhir, seperti Kaspersky Endpoint Security for Business atau Keamanan Titik Akhir Berbasis Cloud, untuk meminimalkan kemungkinan infeksi.

9. Memiliki konsep pertahanan komprehensif yang melengkapi, memberi informasi, dan memandu tim Anda dalam perlawanan terhadap serangan siber paling canggih dan tertarget seperti platform Kaspersky Extended Detection and Response (XDR).

KEYWORD :

Kaspersky Virus Malware Serangan Siber




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :