Sabtu, 11/05/2024 19:11 WIB

WHO Kembali Desak Kirim Tim Ke China Selidiki Perpindahan Virus Corona

WHO kembali desak China buka akses untuk penyelidikan terkait asal-usul virus corona.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus ( Foto : DW )

Jakarta, Jurnas.com -  Meski dunia saat ini dinyatakan memasuki endemi, namun Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak China ( Beijing ) untuk memberikan lebih banyak informasi tentang asal usul COVID-19 dan siap mengirim tim kedua untuk menyelidiki masalah ini, Menurut Financial Times yang melaporkan pada Minggu (17/09).

“Kami menekan Tiongkok untuk memberikan akses penuh, dan kami meminta negara-negara untuk menyampaikannya dalam pertemuan bilateral mereka – untuk mendesak Beijing agar bekerja sama,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada surat kabar tersebut.

Lebih lanjut, komentar ketua WHO ini muncul lantaran otoritas kesehatan dan perusahaan farmasi di seluruh dunia berlomba memperbarui vaksin untuk memerangi varian virus corona baru yang muncul.

Bahkan Ghebreyesus telah lama menekan Tiongkok untuk membagikan informasinya tentang asal muasal COVID-19, dengan mengatakan bahwa hingga hal itu terjadi, semua hipotesis sampai saat ini masih belum terjawab.

Sebelumnya, seperti yang diketahui bahwa virus ini pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan di Tiongkok pada bulan Desember 2019 silam, dan banyak yang menduga virus ini menyebar di pasar hewan hidup sebelum menyebar ke seluruh dunia dan membunuh hampir 7 juta orang.

KEYWORD :

Covid 19 WHO China Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :