Kamis, 16/05/2024 17:37 WIB

Surat Ini Bukti Vatikan Tahu Tragedi Holocaust Sejak Awal

Surat Ini Bukti Vatikan Tahu Tragedi Holocaust Sejak Awal

Pada 15 November 1943, Heinrich Himmler memerintahkan agar Romany ditempatkan di kamp konsentrasi Nazi. Hingga 500.000 orang Romawi meninggal selama Holocaust. (Foto: Reuters)

Kota Vatikan, Jurnas.com - Sebuah surat mengungkapkan bahwa Vatikan telah mengetahui tragedi Holocaust pada 1942, sebelum peristiwa yang menjadi kiamat bagi kaum Yahudi itu dilakukan oleh pasukan Nazi, Jerman.

Surat yang diketik dalam sebuah kertas berwarna kuning itu dipulihkan di Corriere della Sera Italia pada Minggu (17/9), setelah ditemukan oleh arsiparis internal Vatikan dan dipublikasikan atas perintah pejabat Takhta Suci.

Dikutip dari Reuters, surat bertanggal 14 Desember 1942 ditulis oleh Pastor Lother Koenig, yesuit yang tergabung dalam kelompok perlawanan anti-Nazi di Jerman. Surat itu ditujukan kepada sekretaris pribadi Paus Pius XII di Vatikan, Pastor Robert Leiber.

Arsiparis Vatikan, Giovanni Coco menyebut penemuan surat ini merupakan kasus besar dan unik, karena membuktikan bahwa Vatikan memiliki informasi penting, bahwa kamp kerja paksa merupakan jurang kematian bagi kaum Yahudi saat itu.

Koenig menceritakan kepada Leiber sekitar 6.000 orang Polandia dan Yahudi setiap hari dibunuh di kamp Belzec dekat Rava-Ruska, yang saat itu merupakan bagian dari Polandia yang diduduki Jerman, dan sekarang berada di wilayah Ukraina bagian barat.

"Kebaruan dan pentingnya dokumen ini berasal dari sebuah fakta: sekarang kami memiliki kepastian bahwa Gereja Katolik di Jerman mengirimkan berita yang tepat dan rinci kepada Pius XII tentang kejahatan yang dilakukan terhadap orang-orang Yahudi," ungkap Coco.

Sementara itu, para pendukung Paus Pius XII menyebut dia bekerja di belakang layar untuk membantu orang-orang Yahudi, dan tidak bersuara untuk mencegah memburuknya situasi umat Katolik di Eropa yang diduduki Nazi.

Sedangkan para pengkritiknya menilai sang paus dia tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan informasi yang dia peroleh, meskipun ada permintaan dari kekuatan sekutu yang memerangi Jerman.

KEYWORD :

Holocaust Paus Pius XII Yahudi Vatikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :