Minggu, 12/05/2024 12:26 WIB

Terlibat Kasus Berlian, Brazil Minta Bantuan AS Selidiki Mantan Presiden Bolsonaro

Terlibat Kasus Berlian, Brazil Minta Bantuan AS Selidiki Mantan Presiden Bolsonaro

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (Foto: Adriano Machado/Reuters)

BRASILIA - Brazil secara resmi telah meminta bantuan penegakan hukum AS dalam penyelidikan yang melibatkan mantan Presiden Jair Bolsonaro setelah mantan ajudannya setuju untuk bekerja sama dengan penyelidik Brazil, kata dua sumber Kepolisian Federal Brazil kepada Reuters.

Brasil meminta bantuan AS untuk menguatkan pernyataan mantan ajudan Bolsonaro, Mauro Cid, tentang perannya dalam berbagai penyelidikan kriminal yang melibatkan Bolsonaro, termasuk pemalsuan catatan vaksinasi dan penjualan perhiasan mahal yang dihadiahkan oleh pemerintah asing.

Cid dibebaskan minggu lalu dari penjara, tempat dia berada sejak Mei, setelah setuju untuk bekerja sama dengan polisi.

Bolsonaro, yang membantah melakukan kesalahan apa pun, menghadapi bahaya hukum yang semakin besar setelah kalah dalam upayanya untuk terpilih kembali, dan banyak orang di Brasil percaya bahwa ia akan segera dipenjara. Pengadilan pemilihan federal Brasil mengakhiri karir politiknya dengan memutuskan dia tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri hingga tahun 2030.

Amerika Serikat sudah memberikan bantuan informal awal, kata salah satu sumber. Permintaan resmi tersebut, yang diajukan melalui Departemen Pemulihan Aset dan Kerja Sama Hukum Internasional (DRCI) Kementerian Kehakiman, akan meresmikan pengaturan tersebut dan mengizinkan bukti apa pun untuk digunakan di pengadilan.

Menteri Kehakiman Flavio Dino mengatakan kepada situs berita G1 bahwa permintaan tersebut telah dikirim pada hari Selasa.

Pengacara Bolsonaro dan Cid tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Polisi yakin Cid adalah pemain sentral dalam berbagai skema yang melibatkan Bolsonaro. Setelah kalah tipis dalam pemilu tahun 2022 dari saingannya dari sayap kiri, Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, Bolsonaro dan Cid berangkat untuk tinggal lebih lama di AS, tempat beberapa dugaan kejahatan terjadi.

Salah satu sumber mengatakan dibutuhkan waktu tiga hingga enam bulan bagi Brasil untuk menerima informasi yang dibutuhkan dari Amerika Serikat.

KEYWORD :

Presiden Brasil Jail Bolsonaro Bawa Berlian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :