Jum'at, 17/05/2024 14:50 WIB

Erling Haaland Jadi Pemain Terbaik UEFA

Pemain Norwegia mengalahkan rekan setimnya Kevin De Bruyne dan juara Piala Dunia 2022 Lionel Messi.

Erling Haaland (Foto: Goal)

MONACO, Jurnas.com - Striker Manchester City, Erling Haaland dan manajer Pep Guardiola memenangkan penghargaan UEFA pada Kamis (31/8) untuk pemain pria dan pelatih terbaik tahun ini.

Pemain Norwegia mengalahkan rekan setimnya Kevin De Bruyne dan juara Piala Dunia 2022 Lionel Messi setelah membantu City memenangkan tiga trofi utama, Liga Champions, Liga Premier Inggris, dan Piala FA.

Pemain berusia 22 tahun, yang pada Selasa dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional Inggris (PFA), mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan di semua kompetisi musim lalu.

"Saya memenangkan treble pada usia 22 tahun. Saya mewujudkan impian itu," katanya pada upacara di Monaco.

"Musim ini adalah tentang menjaga pikiran saya tetap jernih. Lebih banyak perhatian akan tertuju pada saya dan tim setelah memenangi Liga Champions. Kami harus lebih tajam dan lebih siap."

Guardiola terpilih mengungguli pemain Italia Luciano Spalletti, yang memimpin Napoli meraih gelar Serie A pertama mereka dalam 33 tahun, dan Simone Inzaghi yang tim Inter Milannya menjadi runner-up Liga Champions dan memenangkan Piala Italia.

Manajer asal Spanyol itu tidak hadir untuk menerima penghargaan tersebut karena ia sedang dalam masa pemulihan dari operasi punggungnya.

Pelatih Inggris Sarina Wiegman meraih penghargaan Pelatih Wanita Terbaik Tahun Ini setelah memimpin Lionesses ke final Piala Dunia tahun ini dan kemenangan di Finalissima melawan Brasil di Wembley pada bulan April.

Wiegman mendedikasikan penghargaannya kepada tim putri Spanyol setelah insiden ciuman yang melibatkan presiden federasi Luis Rubiales menjadi sorotan saat Spanyol mengamankan gelar Piala Dunia Wanita pertama mereka.

"(Menerima penghargaan ini) terasa sedikit berbeda," kata Wiegman. "Kita semua tahu masalah yang ada di tim Spanyol dan itu sangat menyakitkan saya sebagai pelatih, sebagai ibu dari dua anak perempuan, sebagai istri dan sebagai manusia.

"Sepak bola telah berkembang pesat, namun jalan yang harus ditempuh dalam sepak bola wanita dan masyarakat masih panjang.

"Saya ingin mendedikasikan penghargaan ini kepada tim Spanyol - tim yang bermain di Piala Dunia dengan sepakbola hebat yang dinikmati semua orang. Tim ini pantas untuk dirayakan dan didengarkan."

Pemenang Piala Dunia Aitana Bonmati, yang membantu Barcelona meraih gelar Liga Champions Wanita dan Liga Spanyol, memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Wanita tahun ini.

Pemain berusia 25 tahun ini mencatatkan kontribusi 13 gol tertinggi di kompetisi ini di Liga Champions dengan lima gol dan delapan assist.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sarina atas kata-katanya karena ini bukan momen yang baik di sepakbola Spanyol," kata Bonmati.

"Kami baru saja memenangkan Piala Dunia, tapi mereka membicarakan hal lain," sambung dia.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Manchester City Erling Haaland Pemain Terbaik UEFA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :