Minggu, 19/05/2024 14:58 WIB

Serangan Drone Ukraina Ganggu Penerbangan di Bandara Moskow

Hampir 50 penerbangan pesawat masuk dan keluar ibu kota terganggu setelah Rusia mengatakan telah menghentikan pesawat tak berawak Ukraina.

Pesawat tak berawak. (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Pesawat tak berawak Ukraina yang berhasil dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara Rusia jatuh menimpa sebuah rumah di wilayah Moskow pada Senin (21/8). Dua orang dilaporkan terluka dalam insiden ini.

Hampir 50 penerbangan pesawat masuk dan keluar ibu kota terganggu setelah Rusia mengatakan telah menghentikan pesawat tak berawak Ukraina di distrik Ruzsky di barat ibu kota dan menghancurkan satu lagi di distrik Istrinsky di dekatnya.

Kedatangan dan keberangkatan dari empat bandara utama Moskow - Vnukovo, Domodedovo, Sheremetyevo dan Zhukovsky - dibatasi, mengganggu 45 pesawat penumpang dan dua pesawat kargo, kata otoritas penerbangan Rusia Rosaviatsia.

Pejabat Rusia telah berulang kali memperingatkan bahwa drone militer yang terbang di atas Moskow - yang bersama dengan wilayah sekitarnya berpenduduk hampir 22 juta orang - dapat menyebabkan bencana besar.

Serangan udara drone jauh di dalam Rusia telah meningkat sejak dua drone dihancurkan di atas Kremlin pada awal Mei. Serangan drone di ibu kota Rusia menjadi semakin umum dalam beberapa bulan terakhir.

Tidak jelas apa dampak serangan drone terhadap persepsi perang di antara penduduk Rusia. Jajak pendapat menunjukkan dukungan untuk operasi militer Rusia di Ukraina tetap tinggi, sekitar 75 persen, meski ada pertanyaan tentang seberapa akurat jajak pendapat di Rusia.

Ukraina biasanya tidak mengomentari siapa yang berada di balik serangan di wilayah Rusia, meskipun para pejabat secara terbuka menyatakan kepuasan atas mereka.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Serangan Drone Bandara Moskow




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :