Jum'at, 10/05/2024 01:08 WIB

Saudi Aramco Duduki Peringkat Perusahaan Paling Menguntungkan di Dunia

Per 5 Mei 2023, perusahaan minyak raksasa milik Arab Saudi itu memperoleh keuntungan sebesar $156,36 miliar.

Logo Saudi Aramco di fasilitas minyak di Khurais, Arab Saudi 12 Oktober 2019. (File foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Saudi Aramco kembali menduduki peringkat sebagai perusahaan paling menguntungkan di dunia meskipun terjadi penurunan 38 persen tahun ke tahun selama kuartal kedua tahun ini. Hal ini menurut laporan baru yang dirilis oleh Forbes.

Berdasarkan data keuangan 12 bulan terakhir, per 5 Mei 2023, perusahaan minyak raksasa milik Arab Saudi itu memperoleh keuntungan sebesar $156,36 miliar.

Laba $30,08 miliar selama kuartal kedua tahun ini merupakan penurunan 38 persen selama periode yang sama tahun lalu. Aramco mengatakan penurunan pendapatan disebabkan oleh harga minyak mentah yang lebih rendah dan melemahnya margin penyulingan dan bahan kimia.

Aramco menghasilkan laba yang jauh lebih besar daripada Apple yang berada di posisi kedua, yang mendapat laba $94,32 miliar. Nilai pasar Aramco diperkirakan mencapai $2.055,22 miliar, tepat di belakang Apple dan Microsoft.

Mengenai penjualan, Aramco berada di urutan kedua setelah Walmart dan berada di atas Amazon. Aramco, didirikan pada tahun 1933, berkantor pusat di Dhahran, Arab Saudi.

Menurut Forbes, Exxon, Alphabet, Industrial and Commercial Bank of China, China Construction Bank, dan Shell melengkapi perusahaan paling menguntungkan berikutnya di dunia.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Saudi Aramco Perusahaan Minyak Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :