Jum'at, 17/05/2024 09:56 WIB

Lomba Desa Wisata Nusantara 2023, Gus Halim: Penting untuk Dukung Perekonomian Desa

Lomba Desa Wisata Nusantara yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Indonesia ini akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp1 miliar.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) melaunching Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 bertema `Berwisata ke Desa Aja`, di Pantai Apar, Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (11/8/2023). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Pariaman, Jurnas.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar me-launching Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023. Peluncuran berlangsung di Wisata Pantai Desa Apar, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Lomba Desa Wisata Nusantara yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Indonesia ini akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp1 miliar.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 memperebutkan hadiah Rp1 miliar yang disediakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan ini saya nyatakan dimulai,” kata Gus Halim saat launching di Kota Pariaman, Jumat (11/8/2023).

Dalam sambutannya, menteri yang akrab disapa Gus Halim Ini mengungkapkan bahwa lomba desa wisata ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di desa melalui desa wisata.

Menurutnya, hal tersebut sudah banyak terbukti dengan perputaran uang yang banyak di sebuah lokus atau desa, maka akan langsung meningkatkan daya beli warga masyarakat.

“Dan itulah yang kemudian akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang Alhamdulillah hari ini Indonesia pertumbuhan ekonominya 5,17 persen. Ini sangat bagus sekali di antara negara-negara yang lain,” ujar Gus Halim.

Lebih lanjut Gus Halim mengatakan, lomba desa wisata Nusantara ini juga untuk memacu agar dalam event regional di level ASEAN bisa menunjukkan bahwa Indonesia penguatan desa wisata sangat bagus.

Hal tersebut dikarenakan Kemendes PDTT memiliki program asosiasi village network yang sementara ini mengangkat tiga isu, yaitu, desa wisata, desa digital dan one village one product.

“Nah tiga hal ini yang akan kita bawa ke forum-forum internasional, minimal pada forum ASEAN,” ujar Gus Halim.

Sebagai informasi, syarat peserta yang mengikuti LDWN ini adalah desa wisata yang dikelola BUMDes. Saat ini, setidaknya sudah ada 5.037 desa wisata yang dikelola oleh BUMDes.

LDWN 2023 juga memiliki 2 kategori yang diperebutkan. Kategori pertama yakni desa dengan status IDM desa mandiri dan maju. Untuk kategori kedua adalah desa dengan IDM berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. Adapun total hadiah dalam LDWN tahun 2023 sebesar Rp1 miliar.

Turut hadir dalam acara ini yakni Walikota Pariaman Genius Umar, Dirjen PDP Kemendes PDTT Sugito, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Firdaus, Rektor Universitas Ekasakti Sufyarma Marsidin, Ketua Nagari Development Center Universitas Andalas Feri Arlius, serta para kepala desa dan pendamping desa.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Gus Halim Lomba Desa Wisata Nusantara Perekonomian Desa Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :