Rabu, 15/05/2024 04:12 WIB

ISIS Umumkan Kematian Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurashi

 Kelompok Negara Islam atau ISIS mengumumkan pada Kamis (3/8) kematian pemimpinnya Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurashi. 

Kelompok ISIS

JAKARTA, Jurnas.com - Kelompok Negara Islam atau ISIS mengumumkan pada Kamis (3/8) kematian pemimpinnya Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurashi. Pemimpin itu tewas dalam bentrokan di Suriah barat laut.

"Pemimpin itu terbunuh setelah bentrokan langsung dengan kelompok jihadis Hayat Tahrir al-Sham di provinsi Idlib," kata juru bicara ISIS dalam pesan yang direkam di aplikasi pesan Telegram, tanpa menyebutkan kapan dia terbunuh.

Juru bicara mengumumkan pemimpin baru kelompok itu, yang kelima, yaitu Abi Hafsan al-Hashimi al-Qurashi.

Setelah meroket di Irak dan Suriah pada tahun 2014 yang membuatnya menaklukkan sebagian besar wilayah, ISIS melihat "kekhalifahan" yang diproklamirkannya sendiri runtuh di bawah gelombang serangan.

Pemerintahan keras dan penuh teror kelompok ekstremis Muslim Sunni ditandai dengan pemenggalan kepala dan penembakan massal. Itu dikalahkan di Irak pada 2017 dan di Suriah dua tahun kemudian, tetapi sel-sel tidur masih melakukan serangan di kedua negara.

Pada November tahun lalu, ISIS mengatakan pemimpin sebelumnya, Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi, telah tewas. Pendahulunya, Abu Ibrahim al-Qurashi, tewas pada Februari tahun lalu dalam serangan AS di provinsi Idlib.

Sebagai informasi, pemimpin pertama kelompok itu, Abu Bakr al-Baghdadi, juga tewas di Idlib, pada Oktober 2019.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Pemimpin ISIS Tewas Abu al-Hussein al-Husseini al-Qurashi Kelompok Negara Islam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :