Jum'at, 17/05/2024 11:24 WIB

Wang Yi Kembali Duduki Jabatan Menlu China

Wang Yi Kembali Duduki Jabatan Menlu China

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi (AFP/Attila KISBENEDEK)

Washington, Jurnas.com - China resmi menunjuk diplomat tinggi, Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri, menggantikan Qin Gang yang menghilang dari pandangan publik selama sebulan terakhir.

Dengan demikian, Amerika Serikat (AS) kini akan berhadapan dengan wajah familiar, untuk mengembalikan hubungan kedua negara ke tahap yang lebih harmonis.

Pencopotan Qin yang konon sebagai anak didik Presiden China Xi Jinping, terjadi hampir setengah tahun setelah dia mengambil peran tersebut.

Mantan duta besar berusia 57 tahun untuk Amerika Serikat mengambil alih kementerian pada Desember lalu, tetapi tidak terlihat di depan umum sejak 25 Juni ketika dia bertemu dengan para diplomat yang berkunjung di Beijing.

"Kementerian mengatakan dia tidak bekerja karena alasan kesehatan tetapi tidak memberikan rincian," demikian keterangan resmi yang dikutip Reuters pada Rabu (26/7).

Wang yang dikenal Washington karena kecerdasannya dan pembelaannya yang terkadang agresif terhadap posisi China, menjadi pelengkap dalam hubungan AS-China selama beberapa tahun terakhir.

Pengamat AS mengatakan kembalinya Wang akan membantu Kementerian Luar Negeri China melanjutkan operasi normal, setelah berminggu-minggu spekulasi internasional tentang nasib Qin.

Ini bukan pertama kalinya Wang menduduki jabatan Menteri Luar Negeri. Dia pernah menjabat posisi tersebut pada 2013 hingga Desember 2022, sebelum digantikan oleh Qin.

"Tidak satu pun dari ini mengubah alasan struktural gesekan dalam hubungan," kata Joseph Torigian, pakar pemimpin Komunis China di American University di Washington.

KEYWORD :

Wang Yi Menteri Luar Negeri China Qin Gang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :