Selasa, 21/05/2024 16:34 WIB

Xanana: PKB Benteng dan Penopang Demokrasi Indonesia

Alexandre Jose Xanana Gusmao mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-25

PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao (Foto: Antaranews)

Jakarta, Jurnas.com - Perdana Menteri Republik Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao alias Alexandre Jose Xanana Gusmao, mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-25, dari Dili, pada Minggu (23/7).

Mantan komandan tempur dari Fretilin dalam masa pertempuran melawan TNI itu menyatakan, PKB merupakan partai yang berperan vital dalam sejarah pembentukan tatanan demokrasi dan reformasi di Indonesia.
.
"PKB memainkan peran penting dalam proses transisi menuju demokrasi. PKB adalah `the defender of democracy and the advocate for reform`," kata Xanana dalam surat tertulisnya kepada ketua umum PKB Muhaimin Iskandar.

Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste itu juga mengisahkan kunjungan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke Dili pada 29 Februari 2000, tidak lama setelah proses referendum memutuskan Timor Leste menjadi negara sendiri.

Dalam kunjungan tersebut, Gus Dur menyatakan bahwa semua mahasiswa Timor Leste di Indonesia boleh tetap menyelesaikan studinya.

"Hal-hal seperti ini membuat hubungan kita tetap hangat. Kami akan selalu mengingat PKB karena hal-hal itu sebab Gus Dur adalah pendiri PKB," lanjut Xanana.

Xanana berharap hubungan antar kedua negara tetap kuat dan hangat. Serta berharap agar PKB tetap kokoh sebagai pengawal Demokrasi dan penjaga keberagaman.

KEYWORD :

Kay Rala Xanana Gusmao Timor Leste HUT PKB Partai Kebangkitan Bangsa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :