Sabtu, 04/05/2024 07:12 WIB

Israel Tarik Pasukan dari Jenin Tepi Barat

Dua saksi Reuters mengatakan mereka melihat konvoi kendaraan militer Israel meninggalkan Jenin yang tampaknya menandakan berakhirnya operasi Israel yang dimulai di sana pada Senin pagi.

Pasukan Israel berdiri di dekat pagar, saat operasi militer Israel berlanjut di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki Israel, pada 4 Juli 2023. (Foto: REUTERS/Ronen Zvulun)

JAKARTA, Jurnas.com - Pasukan Israel mulai menarik diri dari kota Jenin Palestina pada Selasa (4/7). Sebelumnya, Israel setelah melakukan operasi militer terbesar mereka di Tepi Barat yang diduduki selama bertahun-tahun.

Dua saksi Reuters mengatakan mereka melihat konvoi kendaraan militer Israel meninggalkan Jenin yang tampaknya menandakan berakhirnya operasi Israel yang dimulai di sana pada Senin pagi.

Ledakan masih terdengar di kota Tepi Barat utara di tengah laporan baku tembak di atau dekat rumah sakit Jenin. Namun, Reuters tidak dapat segera memverifikasi rincian insiden itu.

Operasi tersebut, yang menurut tentara ditujukan untuk menghancurkan infrastruktur dan senjata militan di kamp pengungsi Jenin, diluncurkan dengan serangan pesawat tak berawak pada hari Senin, dan lebih dari 1.000 tentara telah dikerahkan.

Sedikitnya 12 orang tewas, kata pejabat Palestina.

"Saat ini kami sedang menyelesaikan misi, dan saya dapat mengatakan bahwa aktivitas ekstensif kami di Jenin bukanlah operasi satu kali," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sebuah pos pemeriksaan dekat kota.

Kamp pengungsi padat penduduk, di mana sekitar 14.000 orang tinggal dalam kurang dari setengah kilometer persegi, telah menjadi salah satu titik fokus gelombang kekerasan yang melanda Tepi Barat selama lebih dari satu tahun, memicu kekhawatiran internasional.

Serangan menabrakkan mobil dan menusuk di pusat bisnis Israel Tel Aviv, di mana delapan orang terluka, pada hari Selasa menggarisbawahi risiko eskalasi lebih lanjut seperti yang terjadi setelah serangan sebelumnya di Jenin bulan lalu.

Kelompok Hamas Palestina mengatakan penyerang, yang ditembak mati di tempat kejadian, adalah salah satu anggotanya dan serangan itu merupakan tanggapan terhadap operasi Jenin.

500 Keluarga Dievakuasi

Di Jenin, drone beredar di atas kepala dan tembakan sporadis serta ledakan terdengar di dekat kamp pengungsi, yang telah dibentengi oleh para pejuang dari kelompok militan termasuk Hamas, Jihad Islam dan Fatah dengan berbagai penghalang dan pos jaga untuk melawan serangan tentara reguler.

Pasokan listrik dan air tetap terputus di kamp dan di beberapa daerah kota untuk hari kedua setelah buldoser yang membajak jalan mencari bom rakitan memotong kabel listrik dan pipa air utama.

Pasukan Israel menemukan beberapa gudang bahan peledak bawah tanah, salah satunya disembunyikan di sebuah terowongan di bawah masjid, menyita 1.000 senjata dan menangkap 30 tersangka, kata militer.

Pada Senin malam, Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan telah mengevakuasi 500 keluarga dari kamp tersebut, sekitar 3.000 orang, dan badan-badan PBB menyatakan waspada terhadap skala operasi tersebut.

Truk membawa makanan, air, dan perbekalan lain yang dikumpulkan oleh sukarelawan di kota terdekat Nablus ke Jenin di mana makanan tersebut didistribusikan ke rumah sakit dan pusat sosial bagi mereka yang terlantar akibat pertempuran.

Jihad Hassan, 63, yang melarikan diri dari kamp bersama keluarganya setelah putranya terluka, mengatakan serangan drone telah mendorongnya untuk pergi.

"Kamu tidak mendengar suara, kamu hanya melihat ledakannya," katanya, sambil menunggu bersama putranya di Rumah Sakit Pemerintah Jenin. "Itu adalah sesuatu, ketika seseorang dipaksa meninggalkan rumahnya."

Sekitar 100 orang terluka, 20 di antaranya kritis, kata kementerian kesehatan Palestina.

Faksi Jihad Islam mengklaim empat orang tewas sebagai pejuangnya. Hamas, faksi Islam lainnya, mengklaim yang kelima. Status yang lain tidak jelas, meskipun para pejabat Israel mengatakan sejauh yang mereka ketahui, tidak ada warga sipil yang tewas.

Banyak kantor dan bisnis di Tepi Barat yang diduduki Israel ditutup pada hari Selasa sebagai tanggapan atas seruan pemogokan umum untuk memprotes operasi tersebut, yang oleh Otoritas Palestina digambarkan sebagai "kejahatan perang".

Pertempuran lebih lanjut menggarisbawahi sekali lagi kurangnya tanda-tanda solusi politik untuk konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade dan reaksi internasional terhadap operasi tersebut beragam. Amerika Serikat mengatakan menghormati hak Israel untuk membela diri tetapi mengatakan sangat penting untuk menghindari korban sipil.

Mohammed Moustafa Orfy, perwakilan tetap Mesir untuk Liga Arab, mengatakan operasi Jenin akan menghambat upaya untuk membawa rekonsiliasi setelah kekerasan yang meningkat selama berbulan-bulan. Arab Saudi dan Bahrain mengutuk operasi itu.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Serangan Israel di Tepi Barat Militer Israel Jenin Tepi Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :