Senin, 29/04/2024 10:41 WIB

Mogul Hollywood Arnon Milchan Beri Kesaksian Kasus Korupsi Benjamin Netanyahu

Persidangan diadakan di Yerusalem tetapi kesaksian Milchan berlangsung di Brighton, yang dekat dengan tempat tinggal pria berusia 78 tahun itu, atas permintaan penuntutan. 

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (Foto: Finacial Tribune)

JAKARTA, Jurnas.com - Mogul Hollywood Arnon Milchan memulai kesaksiannya dalam sidang korupsi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu (25/6), dalam sidang yang disiarkan langsung dari kota tepi pantai Inggris langsung ke Yerusalem.

Persidangan diadakan di Yerusalem tetapi kesaksian Milchan berlangsung di Brighton, yang dekat dengan tempat tinggal pria berusia 78 tahun itu, atas permintaan penuntutan. Kesaksian diperkirakan akan berlangsung beberapa hari.

Jaksa menuduh bahwa Netanyahu secara tidak sah menerima hadiah senilai hampir 700.000 shekel (US$200.000) dari Milchan, dan dari sesama miliarder Australia, yang digambarkan dalam dakwaan sebagai "suplai" sampanye dan cerutu.

Perdana menteri membantah melakukan kesalahan dalam kasus ini dan dua kasus lain yang disidangkan dalam persidangan yang sama.

Netanyahu dituduh membantu Milchan dengan kepentingan bisnisnya dan dengan status visa AS. Perdana menteri menggambarkan pemberian hadiah di antara teman-teman sebagai perilaku normal dan persidangannya sebagai perburuan politik.

Milchan mengisyaratkan pemeran patriotik yang lebih dalam pada hubungan itu. "Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa banyak hal yang saya dan Bibi lakukan secara rahasia untuk negara," katanya dalam kesaksiannya, menggunakan nama panggilan Netanyahu.

Ketika perdana menteri tiba di pengadilan Yerusalem untuk menonton dari jauh, Milchan menyapanya di luar layar dengan: "Shalom, Bibi!"

Penyelidikan pidana terhadap Netanyahu, yang kini mencatat rekor masa jabatan keenam sebagai perdana menteri, dimulai pada 2016 dan memicu kekacauan politik selama bertahun-tahun di Israel.

Setelah siklus pemilihan yang tidak meyakinkan dan 18 bulan sebagai oposisi, Netanyahu kembali berkuasa pada bulan Desember sebagai kepala pemerintahan sayap kanan.

Netanyahu telah membantah hubungan apa pun antara persidangannya dan reformasi sistem peradilan yang dicari oleh koalisinya dan yang telah menarik tentangan keras.

Dia telah didakwa atas tuduhan suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan karena diduga memberikan bantuan peraturan kepada pengusaha sebagai imbalan atas liputan media yang menguntungkan dan positif.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Mogul Hollywood Arnon Milchan Beri Kasus Korupsi Benjamin Netanyahu Benjamin Netanyahu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :