Minggu, 28/04/2024 03:14 WIB

Inggris Tuding Rusia Latih Lumba-lumba Tempur di Krimea

Intelijen Pertahanan Inggris mengatakan Angkatan Laut Rusia telah banyak berinvestasi dalam keamanan di pangkalan utama Armada Laut Hitam di Sevastopol sejak tahun lalu.

Seekor paus beluga mengenakan baju zirah terlihat di lepas pantai utara Norwegia pada April 2019 (File: Jorgen Ree Wiig/Sea Surveillance Service/NTB Scanpix via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Mata-mata militer Inggris pada Jumat (23/6) mengatakan Rusia tampaknya melatih lumba-lumba tempur di semenanjung Krimea yang dicaplok untuk melawan pasukan Ukraina.

Dalam pembaruan terbaru tentang konflik tersebut, Intelijen Pertahanan Inggris mengatakan Angkatan Laut Rusia telah banyak berinvestasi dalam keamanan di pangkalan utama Armada Laut Hitam di Sevastopol sejak tahun lalu.

“Ini termasuk setidaknya empat lapisan jaring dan penopang di pintu masuk pelabuhan. Dalam beberapa pekan terakhir, pertahanan ini kemungkinan besar juga telah ditambah dengan peningkatan jumlah mamalia laut terlatih,” tambahnya.

"Citra menunjukkan hampir dua kali lipat kandang mamalia terapung di pelabuhan yang kemungkinan besar berisi lumba-lumba hidung botol."

"Hewan-hewan itu kemungkinan dimaksudkan untuk melawan penyelam musuh," tambahnya.

Angkatan Laut Rusia telah menggunakan paus Beluga dan anjing laut untuk berbagai misi di perairan Arktik, kata pembaruan itu.

Seekor paus yang memakai tali kekang yang muncul di Norwegia pada 2019, memicu spekulasi bahwa ia digunakan untuk pengawasan, muncul kembali di lepas pantai Swedia bulan lalu.

Orang Norwegia menjulukinya "Hvaldimir" - plesetan dari kata "paus" dalam bahasa Norwegia (hval) dan anggukan untuk dugaan hubungannya dengan Rusia.

Harness Hvaldimir memiliki dudukan yang cocok untuk menampung kamera aksi, dan tulisan "Peralatan St. Petersburg" tercetak di jepitan plastik.

Pada tahun 2016, kementerian pertahanan Rusia berusaha untuk membeli lima lumba-lumba sebagai bagian dari upaya untuk menghidupkan kembali penggunaan cetacea yang sangat cerdas di era Soviet untuk tugas-tugas militer.

Baik Uni Soviet dan Amerika Serikat menggunakan lumba-lumba selama Perang Dingin, melatih mereka untuk mendeteksi kapal selam, ranjau, dan menemukan objek atau individu yang mencurigakan di dekat pelabuhan dan kapal.

Seorang pensiunan kolonel Soviet mengatakan kepada AFP pada saat itu bahwa Moskow bahkan melatih lumba-lumba untuk menanam alat peledak di kapal musuh.

Mereka tahu bagaimana mendeteksi torpedo yang ditinggalkan dan kapal yang tenggelam di Laut Hitam, kata Viktor Baranets, yang menyaksikan pelatihan lumba-lumba militer di era Soviet dan pasca-Soviet.

Angkatan Laut AS menggunakan singa laut yang dikerahkan ke Bahrain pada tahun 2003 untuk mendukung Operasi Enduring Freedom setelah serangan 9/11 di New York dan Washington.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Mata-mata Militer Inggris Lumba-lumba Tempur Lumba-lumba Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :