Minggu, 28/04/2024 15:46 WIB

Donald Trump Klaim Bisa Akhiri Konflik Rusia-Ukraina dalam 24 Jam

Trump mengatakan dia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Putin ketika dia menjabat, dan juga bergaul dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Bekas Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (Foto: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Bekas Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah menyatakan bahwa konflik Ukraina tidak akan terjadi seandainya dia tetap menjabat. Dia mengatakan telah berhasil mencegah Moskow menyerang Kiev.

"Dia tidak akan melakukannya jika itu aku. Dia melakukannya setelah saya pergi," kata Trump kepada pembaca berita Fox, Bret Baier, mengacu pada Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada Senin (19/6) malam.

"Saya pikir dia mungkin melakukannya. Dengar, aku berbicara dengannya. Saya berkata, `Jika Anda melakukannya, akan ada neraka yang harus dibayar. Ini akan menjadi bencana. Jangan lakukan itu`," kata Trump.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan melakukan sesuatu. Dia berkata, `Tidak, tidak, tidak, kamu tidak akan melakukan itu`. Saya berkata, `Saya akan, Vladimir, saya akan melakukannya. Saya akan melakukannya’."

"Dia tidak percaya sama sekali, kecuali mungkin 10 persen. Dan 10 persen adalah semua yang Anda butuhkan," pungkas Trump.

Trump mengatakan dia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Putin ketika dia menjabat, dan juga bergaul dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Selanjutnya, Baier bertanya kepada Trump apakah dia yakin Ukraina adalah negara yang terpisah dari Rusia.

"Ini adalah negara yang terpisah, tetapi pada satu titik itu bukan negara yang terpisah dan Putin menyukainya seperti itu," jawab mantan presiden dan calon terdepan Partai Republik saat ini untuk nominasi 2024.

Trump menolak membahas rincian penyelesaian politik yang diusulkan, mengatakan bahwa hal itu akan menghalangi pembicaraan yang sebenarnya, dan mengulangi bahwa dia dapat menghentikan konflik "dalam waktu 24 jam".

"Itulah yang saya lakukan. Saya menjadi sangat kaya dengan melakukan transaksi. Sangat kaya," katanya. "Saya akan membuat kesepakatan dengan sangat cepat. Dan tahukah Anda? Kematian akan berhenti, dan kehancuran akan berhenti karena, lihat, Ukraina telah musnah.”

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Zelenskyy mengatakan kepada NBC News bahwa dia skeptis terhadap klaim Trump, dan bahwa tidak seorang pun di dunia ini dapat mengakhiri perang dengan berbicara dengan Putin.

"Mengapa dia tidak melakukan itu sebelumnya? Dia adalah presiden ketika perang sedang berlangsung di sini," kata dia mengacu pada permusuhan yang pertama kali pecah pada 2014, setelah kudeta yang didukung AS di Kiev. Ukraina telah mengklaim "invasi" Rusia sejak saat itu.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022, setelah AS dan NATO menolak proposal jaminan keamanannya. Putin berpendapat bahwa Barat memaksa tangannya dengan mengubah Ukraina menjadi rezim anti-Rusia yang bersenjata lengkap.

Tahun lalu, mantan pemimpin Jerman dan Prancis mengakui bahwa gencatan senjata Minsk 2015 hanyalah taktik untuk mengulur waktu bagi Ukraina untuk mempersiapkan perang.

Sumber: Russia Today

KEYWORD :

Donald Trump Trump Akhiri Konflik Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :