Senin, 29/04/2024 13:08 WIB

Kisah Empat Anak Kolombia yang Selamat usai Terjebak 40 Hari di Hutan

Pengetahuan lokal orang dewasa Pribumi, yang terlibat dalam pencarian bersama pasukan Kolombia, juga berperan dalam penemuan anak-anak itu dalam keadaan hidup.

Empat anak yang hilang setelah kecelakaan pesawat di hutan Amazon bulan lalu ditemukan dalam keadaan hidup, menurut pejabat di Kolombia. (Twitter / FuerzasMilCol)

JAKARTA, Jurnas.com - Empat anak Pribumi Kolombia, yang ditemukan 40 hari setelah pesawat mereka jatuh di hutan Amazon, selamat dengan memakan benih, akar dan tanaman yang mereka tahu dapat dimakan berkat didikan mereka, menurut orang Pribumi.

"Kelangsungan hidup anak-anak adalah tanda pengetahuan dan hubungan dengan lingkungan alam yang diajarkan sejak dalam kandungan ibu," menurut Organisasi Nasional Masyarakat Adat Kolombia (OPIAC).

Pengetahuan lokal orang dewasa Pribumi, yang terlibat dalam pencarian bersama pasukan Kolombia, juga berperan dalam penemuan anak-anak itu dalam keadaan hidup.

Empat saudara kandung, berusia 13, sembilan dan empat tahun, serta seorang bayi berusia 12 bulan, selamat dari kecelakaan pesawat kecil pada 1 Mei yang merenggut nyawa pilot, ibu mereka dan orang dewasa ketiga. Keluarga anak-anak berpegang teguh pada harapan bahwa keakraban saudara kandung dengan hutan akan membantu mereka.

"Mereka adalah anak-anak Pribumi dan mereka mengenal hutan dengan baik. Mereka tahu apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan. Mereka selamat karena ini dan kekuatan spiritual mereka," kata Luis Acosta dari National Indigenous Organization of Colombia (ONIC).

Acosta, yang mengambil bagian dalam operasi pencarian, mengatakan anak-anak itu memakan biji-bijian, buah-buahan, akar-akaran dan tumbuhan yang mereka anggap dapat dimakan dari masa kecil mereka di wilayah Amazon.

Anak-anak telah dipersatukan kembali dengan keluarga mereka setelah penyelamatan mereka pada hari Jumat.

"Mereka senang melihat keluarga... mereka memiliki semua akal sehat mereka," kata kakek anak-anak itu, Fidencio Valencia, kepada wartawan tak lama setelah mengunjungi mereka di sebuah rumah sakit militer di ibu kota Bogota.

"Mereka adalah anak-anak semak," kata Valencia, seraya menambahkan bahwa mereka tahu cara bertahan hidup di hutan.

Javier Betancourt, pemimpin ONIC lainnya, mengatakan kepada AFP: "Kami memiliki hubungan khusus dengan alam."

"Dunia membutuhkan hubungan khusus dengan alam semacam ini, untuk mendukung orang-orang seperti Pribumi yang tinggal di hutan dan merawatnya," sambungnya.

Operasi Harapan

Selama pencarian, tentara bekerja berdampingan dengan pelacak Pribumi selama 20 hari.

Kepala Angkatan Darat Helder Giraldo mengatakan tim penyelamat telah menempuh jarak lebih dari 2.600 kilometer (1.650 mil) untuk menemukan anak-anak itu. "Sesuatu yang tampaknya mustahil tercapai,"kata Giraldo di Twitter.

Presiden Gustavo Petro memuji apa yang dia sebut sebagai pertemuan pengetahuan Pribumi dan militer yang menurutnya menunjukkan rasa hormat terhadap hutan.

Helikopter tentara menyiarkan rekaman nenek anak-anak itu yang mengatakan kepada mereka dalam bahasa Pribumi Huitoto untuk tetap diam di satu tempat sampai penyelamat mencapai mereka.

"Presiden Petro yang menyatukan kami," kata Acosta kepada media lokal, merujuk pada tentara dan pakar Pribumi.

“Dalam pertemuan awal, delapan hari sebelum pencarian kami dimulai, presiden memberi tahu kami bahwa kami harus pergi dengan tentara karena tentara tidak dapat melakukannya sendiri,” tambahnya.

Lebih dari 80 sukarelawan dari wilayah adat di departemen Caqueta, Putumayo, Meta dan Amazonas bergabung dengan sekitar 100 tentara dalam apa yang disebut “Operasi Harapan”.

Itu adalah penyatuan kekuatan yang tidak biasa.

Di banyak wilayah Pribumi Kolombia, kelompok penjahat bersenjata berkeliaran dan dengan mudah memaksa penduduk asli, yang melindungi tanah mereka dengan senjata yang belum sempurna. Hubungan antara masyarakat adat dan angkatan bersenjata juga tegang.

Namun di departemen Guaviare, penyelamat dari kelompok terpisah mengesampingkan perbedaan mereka untuk bekerja sama.

Sementara tentara merencanakan perincian operasional, para pencari pribumi mengadakan ritual untuk berkomunikasi dengan "roh" hutan, menggunakan mambe, pasta yang terbuat dari daun koka dan abu, serta chirrinchi, minuman fermentasi.

Menggunakan parang, penyelamat menebang pohon dan menandainya dengan cat semprot untuk membimbing anak-anak.

Pengetahuan pengobatan asli juga digunakan untuk beradaptasi dengan kondisi hutan yang sulit, mengobati goresan, serpihan, gigitan serangga, kelelahan, dan rasa sakit fisik.

"Masyarakat adat telah bekerja dalam hujan, badai, dan dalam banyak situasi sulit, tetapi selalu dengan harapan dan keyakinan spiritual bahwa anak-anak dapat ditemukan," kata Acosta.

Itu semua mengarah pada penemuan saudara kandung oleh pelacak Pribumi di daerah yang belum dijelajahi.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Kecelakaan Pesawat Hutan Amazon Kolombia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :