Jum'at, 19/04/2024 04:23 WIB

Paus Fransiskus Minta Kardinal Italia Lakukan Misi Perdamaian untuk Akhiri Perang Rusia-Ukraina

Paus Fransiskus. (Foto: pikiran-rakyat.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Vatikan pada Sabtu (20/5) mengatakan, Paus Fransiskus telah meminta Kardinal Matteo Zuppi, kepala konferensi uskup Italia, untuk melakukan misi perdamaian guna membantu mengakhiri perang di Ukraina.

Dikutip dari Al Arabiya, Fransiskus pertama kali berbicara secara samar tentang niatnya untuk meluncurkan misi ketika dia kembali dari perjalanan ke Hongaria bulan lalu, tetapi dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Menurut sumber diplomatik Vatikan, Zuppi berencana untuk mencoba bertemu secara terpisah dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Vatikan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Zuppi, 67, akan menjalankan misi, sesuai dengan Sekretariat Negara Vatikan, "untuk berkontribusi mengurangi ketegangan konflik di Ukraina, dengan harapan, tidak pernah menyerah oleh Bapa Suci, bahwa ini dapat memulai proses perdamaian."

Sekembalinya dari perjalanan ke Hungaria pada 30 April, Francis membuat komentar yang menarik namun membingungkan tentang keterlibatan Vatikan dalam misi untuk mencoba mengakhiri perang.

"Ada misi dalam kursus sekarang tetapi belum dipublikasikan. Kalau sudah umum, saya akan mengungkapkannya," katanya kepada wartawan.

Dalam pernyataan Sabtu (20/5), Vatikan mengatakan waktu dan spesifikasi misi masih dikerjakan.

KEYWORD :

Paus Fransiskus Perang Rusia Ukraina Misi Perdamaian Matteo Zuppi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :