Minggu, 28/04/2024 16:41 WIB

Wali Kota Ternate Dukung Guru Penggerak Jadi Kepala Sekolah

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mendukung alumni guru penggerak menjadi kepala sekolah

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman (Foto: Ist)

Ternate, Jurnas.com - Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mendukung alumni guru penggerak menjadi kepala sekolah. Pasalnya, guru yang pernah mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) terbukti kapasitasnya dalam mengelola sekolah.

"Kita tahu dalam kompetensi dan lain-lain, yang jadi Guru Penggerak pasti lebih baik daripada yang bukan Guru Penggerak. Porsi itu memberikan kami bisa berkembang, termasuk ruang menjadi kepala sekolah," terang kata Tauhid di sela-sela Press Tour Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) di kantor Wali Kota Ternate, Maluku Utara beberapa waktu lalu.

"Apa yang mereka dapatkan di program PGP bisa diterapkan di sekolah-sekolah," imbuh dia.

Saat ini, Ternate memiliki empat alumni PGP. Salah satu di antaranya sudah menjabat sebagai kepala sekolah. Sedangkan tiga sisanya dalam proses mutasi sebagai kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Tauhid mengakui program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim itu terbukti meningkatkan kualitas guru dan mutu sekolah.

Oleh karena itu, dia mendorong peningkatan jumlah Guru Penggerak di Ternate. Tahun ini, terdapat 33 calon Guru Penggerak yang sedang menjalani proses seleksi akhir.

"Kami mendorong supaya lebih banyak lagi Guru Penggerak, terutama yang masih muda. Kalau masih muda, berarti secara manajemen dia bisa siap untuk menjadi pengawas dan kepala sekolah, karena lebih mudah beradaptasi," imbuh Tauhid.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani mengatakan bahwa pihaknya menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) bagi peminat PGP di Kota Ternate. Harapannya, bimtek memperbesar peluang guru lolos PGP.

"Kami anggaran bimtek untuk calon Guru Penggerak, sehingga nanti bisa berkembang lebih dari 30. Tahun ini animonya cukup besar sampai 75 guru. 33 guru yang saat ini mendaftar hasil seleksi dari 75 guru itu," papar Muslim.

KEYWORD :

Guru Penggerak Kota Ternate Tauhid Soleman Kepala Sekolah Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :