Sabtu, 04/05/2024 23:41 WIB

Marah, Presdir Freeport Tunjuk-tunjuk Anggota DPR

Anggota Komisi VII DPR Mukhtar Tompo mengaku ditunjuk-tujuk oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Chappy Hakim.

Tambang Freeport

Jakarta - Rapat antara Komisi VII DPR dengan Dirut PT Freeport Indonesia berakhir dengan adegan kurang enak. Anggota Komisi VII DPR Mukhtar Tompo mengaku ditunjuk-tujuk oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Chappy Hakim.

Seperti dituturkan Mukhtar kepada wartawan di DPR, ia mengaku ditunjuk-tunuk oleh Chappy Hakim dan uluran tangannya untuk berjabat tangan ditampik. "Kau mau macam-macam...." ujar Mukhtar menirukan perkataan Chappy kepadanya ketika itu, Kamis (9/2/2017).

Rapat antara Komisi VII DPR dengan Freepor sendiri membahas tentang PP Nomor 1 Tahun 2017 yang merevisi PP Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Pembahasannya menyangkut masalah Kontrak Karya dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang hendak diubah statusnya. Selain dari Freeport, rapat ini juga dihadiri Direktur Utama PT Vale Indonesia dan sejumlah perusahaan pertambangan lainnya.

Saat rapat berlangsung, Mukhtar yang merupakan politikus Hanura mengaku mempertanyakan janji Freeport untuk membangun smelter. Jika itu tidak dipenuhi maka perusahaan tambang emas dari Amerika Serikat itu tidak akan mendapatkan izin mengekspor konsentrat. Namun hingga kini belum ada tanggapan dan konfirmasi dari Chappy, termasuk soal aksi tunjuk-tunjuk ke anggota DPR.

KEYWORD :

DPR Freeport




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :