Jum'at, 19/04/2024 22:22 WIB

Bersama Pers Menangkal Hoax

HPN 2017 ke 69 di Kota Ambon, diharapkan menjadi momentum bagi media dan insan pers untuk menangkal berita bohong alias Hoax.

Ketua DPD RI, Farouk Muhammad

Jakarta - Hari Pers Nasional (HPN) 2017 ke 69 di Kota Ambon, diharapkan menjadi momentum bagi media dan insan pers untuk menangkal berita bohong alias Hoax.

Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad berharap, insan pers dapat secara konsisten menghadirkan pemberitaan yang berimbang dan akurat. Sebab, belakangan ini banyak berita hoax bertebaran di masyarakat yang salah satu sebabnya adalah karena peran media utama yang belum optimal.

Farouk menegaskan, pers dan seluruh masyarakat harus secara serius menangkal hoax. Karena berita bohong sejatinya adalah Isu yang dihembuskan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menghadirkan situasi tidak kondusif ditengah-tengah masyarakat.

"Dalam upaya menangkal hoax, masyarakat harus sadar literasi. Diantaranya dengan mampu menseleksi informasi dan melakukan verifikasi terhadap berita yang diterima. Disisi lain, saya mengajak kepada seluruh insan media memegang kode Etik jurnalistik dan menghadirkan berita-berita terpercaya," kata Farouk, dalam rilisnya, Kamis (9/2).

Untuk itulah, Farouk berharap, HPN 2017 ini harus menjadi tonggak sejarah dan langkah awal melakukan evaluasi kerja-kerja jurnalistik selama Ini.

"Hal Ini dalam upaya menegaskan kembali profesi jurnalis yang sangat penting untuk tumbuhnya masyarakat yang lebih berbudaya," katanya.

Diketahui, HPN tahun 2017 bertempat di Kota Ambon dengan mengusung tema "Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut". HPN diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI.

KEYWORD :

Hari Pers Nasional HPN 2017 di Maluku




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :