Selasa, 28/05/2024 04:50 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Sumut Relatif Stabil

Harga Kebutuhan Pokok di Sumut Relatif Stabil

Gubernur Sumatera Utara Sumut), Edy Rahmayadi. (Foto Istimewa)

Medan, Jurnas.com - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memastikan harga kebutuhan pokok di wilayah itu relatif stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023. "Saat ini, sampai dua minggu ke depan, harga bahan pokok terkendali," ujar Edy Rahmayadi di Medan, Rabu.

Edy Rahmayadi juga tidak menampik, di momen hari besar keagamaan, biasanya harga bahan pokok mengalami kenaikan karena tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan pokok tersebut. "Perhitungan saya, harga kebutuhan itu naik paling di sekitar 2,5 persen hingga 3 persen, kenapa itu, permintaan meningkat, pastinya naik, tetapi ini semua tetap kendali," katanya.

Pantauan di Pasar Sukaramai dan Pasar MMTC, Kota Medan, Rabu, harga bahan pokok seperti, minyak goreng kemasan Rp23.000, beras Rp11.000 per kilogram, gula pasir Rp16.000 per kilogram, daging ayam Rp28.500 per kilogram dan daging sapi Rp140.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Sumut, Lies Handayani mengatakan Pemprov Sumut bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota melaksanakan dan memperketat pos pemantaun lalu lintas hewan, dan ini sudah berlangsung dari tahun lalu.

Pemprov Sumut juga memastikan pasokan daging sapi di Sumut aman dari virus penyakit mulut dan kuku (PMK). "Tahun ini dilaporkan kabupaten/kota untuk penyakit PMK sudah sangat menurun. Di setiap perbatasan provinsi sudah ada cek poin yang memastikan ternak bebas PMK, jadi setiap ternak yang masuk atau keluar provinsi akan terdeteksi virus PMK hewan tersebut," ujar Lies Handayani.

 

KEYWORD :

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi harga kebutuhan pokok stabil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :