Selasa, 30/04/2024 14:45 WIB

Mesir Setuju Pasok Senjata ke Ukraina Setelah Bertemu Pejabat AS

Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi dikabarkan berencana memproduksi 40.000 roket untuk Rusia. 

Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Abdel Fattah el-Sisi dari Mesir, di Sharm el-Sheikh, Mesir pada 11 November 2022 [Kepresidenan Mesir/Handout via Reuters]

JAKARTA, Jurnas.com - Mesir berencana membuat roket untuk Rusia, tetapi kemudian menangguhkan upaya itu dan memutuskan untuk memasok amunisi ke Ukraina setelah pembicaraan dengan pejabat Amerika Serikat (AS).

Demikian dilaporkan The Washington Post mengutip dokumen intelijen yang bocor.

Sebelumnya, Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi dikabarkan diam-diam memproduksi 40.000 roket untuk Rusia. Namun dalam sebuah laporan baru pada Kamis, berdasarkan bocoran file Pentagon yang telah beredar daring, surat kabar itu mengatakan, Kairo menangguhkan rencana itu pada awal Maret.

The Washington Post mengatakan Mesir juga menyetujui penjualan amunisi artileri ke AS untuk ditransfer ke Ukraina, menyebut pergeseran itu sebagai kemenangan diplomatik yang nyata untuk pemerintahan Presiden Joe Biden.

Mesir sebelumnya telah membantah rencana memproduksi roket untuk pasukan Rusia, menekankan bahwa pihaknya sedang menjalankan kebijakan tidak terlibat dalam perang Rusia di Ukraina.

Pekan lalu, otoritas AS menangkap seorang anggota Garda Nasional Angkatan Udara, menuduhnya mengunggah dokumen rahasia daring yang dimaksudkan untuk pejabat tinggi Pentagon.

File-file tersebut, yang pertama kali muncul di situs media sosial Discord, mencakup rincian dukungan militer Barat ke Ukraina, informasi tentang upaya perang Rusia, dan intelijen yang dikumpulkan dari negara-negara sekutu.

Para pejabat AS tidak menyangkal keabsahan dokumen tersebut, mengakui bahwa dokumen tersebut menghadirkan risiko yang sangat serius bagi keamanan nasional dan tampak nyata, meskipun dalam beberapa kasus diubah.

Al Jazeera belum melihat dokumen tentang Mesir.

Pemerintahan Biden telah berusaha menggalang sekutu untuk membantu Ukraina, memperingatkan negara-negara di seluruh dunia agar tidak membantu upaya perang Rusia atau melanggar sanksi Washington terhadap Moskow.

Pekan lalu, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan AS telah melihat "tidak ada indikasi bahwa Mesir memberikan kemampuan persenjataan mematikan ke Rusia", menekankan bahwa Kairo tetap menjadi "mitra keamanan yang signifikan" di wilayah tersebut.

Beberapa pejabat AS telah mengunjungi Mesir tahun ini, termasuk Menteri Pertahanan Lloyd Austin, yang bertemu dengan el-Sisi pada bulan Maret.

"Dia (Austin) memberikan pembaruan tentang perang agresi Rusia yang tidak beralasan melawan Ukraina, konsekuensi ekonomi globalnya, dan ancaman yang ditimbulkan oleh konflik ini terhadap tatanan internasional berbasis aturan," kata Pentagon setelah pertemuan tersebut.

Dengan bantuan tahunan lebih dari $1 miliar, Mesir adalah salah satu penerima bantuan militer AS terbanyak di dunia.

Tetapi Biden telah menghadapi tekanan dari kaum progresif dan pembela hak asasi untuk memberikan persyaratan pada bantuan AS ke Mesir untuk mendorong pemerintah el-Sisi memperbaiki catatan hak asasi manusianya.

Meskipun Departemen Luar Negeri AS menahan sebagian kecil dari bantuan ke Mesir tahun lalu, mereka masih menyetujui kesepakatan senjata senilai $2,5 miliar dengan negara tersebut meskipun ada masalah hak.

Biden telah berjanji untuk memusatkan hak asasi manusia dalam kebijakan luar negeri AS di awal masa jabatannya di Gedung Putih.

Menandakan jeda dari pendahulunya, Donald Trump, Biden – sebagai kandidat – menyatakan tidak ada lagi cek kosong untuk el-Sisi, yang berkuasa dalam kudeta militer 2013 yang menggulingkan Presiden Mohamed Morsi.

Namun, sejak Biden menjabat, pemerintahannya secara teratur memuji pemerintah Mesir, termasuk upayanya untuk bertindak sebagai mediator antara kelompok Israel dan Palestina.

"Mesir telah membantu memainkan peran yang berguna dalam beberapa negosiasi yang telah berlangsung di wilayah tersebut," kata Kirby pekan lalu.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Mesir Amerika Serikat Joe Biden Abdel Fattah el-Sisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :