Senin, 29/04/2024 22:45 WIB

Syarief Hasan: Bukber Hendaknya Tidak Dibatasi, Karena Ada Makna Silaturrahim di Dalamnya

Syarief Hasan : Bukber Hendaknya Tidak Dibatasi, Karena Ada Makna Silaturrahim Di Dalamnya.

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan. (Foto: Humas MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan atau yang akrab disapa Syarief Hasan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan tali silaturrahim, terlebih selama bulan puasa. Karena dengan bersilaturrahim, hubungan antara manusia dengan manusia lainnya akan semakin baik. Dan jika penguatan silaturrahim itu dilakukan selama Ramadhan, pahala yang diperoleh semakin besar, dibanding pada hari-hari yang lain.

Karena itu, menurut Syarief Hasan pemerintah tidak seharusnya membatasi pelaksanaan buka bersama (bukber) yang lazim dilaksanakan masyarakat pada bulan puasa. Karena di setiap kegiatan bukber juga terkandung kegiatan silaturrahim.

"Saya bersyukur, setelah menanti selama 20 tahun, akhirnya saya sekeluarga bisa bersilaturahmi dengan bapak ibu warga di sini. Izinkan saya menjadi saudara yang baik, sebagaimana sabda Nabi SAW, saudara yang paling dekat adalah tetangga kita," kata Syarief Hasan saat memberi sambutan pada acara buka puasa bersama dan silaturahmi dengan masyarakat RW 10 Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Minggu (9/5/2023).

Menurut Syarief Hasan, pertemuan itu sangat penting dan bersejarah. Terjadi setelah 20 tahun dirinya tinggal di tempat tersebut. Dan setelah 20 tahun, hablumminannas keluarga dengan para tetangga terjalin kembali. Karena itu, Ia akan selalu mengingat dan mengenangnya, menjadi salah satu catatan perjalanan terindah yang pernah dilalui.

"Sebaik-baik seorang hamba menjalin hubungan dengan Allah, masih tetap kurang, jika dia gagal menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Karena itu, hubungan manusia dengan sesamanya, harus selalu dipupuk agar semakin baik," ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan berharap, bisa berhubungan semakin baik dengan seluruh warga. Dan meningkatkan kepeduliannya kepada seluruh masyarakat, tanpa terkecuali. Apalagi kegiatan silaturrahim, itu sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Saat menyampaikan tausiyah jelang berbuka puasa, ustad Fikri mengingatkan pentingnya menjalin silaturrahmi. Menurutnya, silaturrahim adalah sunah yang banyak diabaikan. Padahal, silaturrakhim atau ziaratul Ikhwan, bisa memberikan kebaikan yang sangat banyak, bagi umat yang menjalankannya.

"Jika seseorang berkunjung ke tempat saudaranya, karena kecintaannya kepada Allah. Maka 70 ribu malaikat akan bersolawat, memintakan ampunan Allah untuknya. Padahal mengumpulkan 70 ribu orang alim untuk mendoakan dia saja sangat sulit, tetapi ini 70 ribu malaikat," kata Ustad Fikri menambahkan.

KEYWORD :

Kinerja MPR Syarief Hasan Buka Bersama Ramadhan Silaturahmi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :