Rabu, 17/04/2024 00:15 WIB

Wanita Tak Berjilbab Disiram Yoghurt, Begini Respons Presiden Iran

Video tersebut memperlihatkan dua pelanggan wanita memasuki sebuah toko.

Dalam file foto ini diambil pada 06 Juni 2021 calon presiden Iran Ebrahim Raisi memberi isyarat selama kampanye pemilihan umum di kota Eslamshahr. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ebrahim Raisi mengatakan, jilbab adalah masalah hukum di Iran setelah sebuah video viral menunjukkan seorang pria menyiram yoghurt pada dua wanita yang tidak mengenakan penutup kepala di sebuah toko dekat kota suci Muslim Syiah.

Dalam sambutan langsung di televisi negara, Raisi berkata: "Jika beberapa orang mengatakan mereka tidak percaya (pada jilbab) … ada baiknya menggunakan persuasi. Namun, yang penting adalah bahwa ada persyaratan hukum dan jilbab saat ini adalah  masalah hukum."

Video tersebut memperlihatkan dua pelanggan wanita memasuki sebuah toko. Tak lama kemudian, seorang pria mendekati para wanita itu dan berbicara dengan mereka. Dia kemudian mengambil sepanci besar yoghurt dan melemparkan isinya ke kepala kedua wanita itu.

Otoritas kehakiman di sebuah kota dekat timur laut kota Masyhad memerintahkan penangkapan dua wanita, seorang ibu dan putrinya, karena melanggar aturan pakaian wanita Iran yang ketat dan "melakukan tindakan terlarang", lapor media pemerintah pada hari Sabtu.

"Pihak berwenang mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pria tersebut atas tuduhan melakukan tindakan menghina dan mengganggu ketertiban," lapor situs web pengadilan Mizan Online.

Mempertaruhkan penangkapan karena menentang aturan berpakaian wajib, wanita masih banyak terlihat di mal, restoran, toko, dan jalan-jalan di seluruh negeri. Video perempuan bercadar melawan polisi moral telah membanjiri media sosial.

Pihak berwenang mengatakan pemilik toko susu, yang menghadapi penyerang, telah diperingatkan.

Laporan di media sosial menunjukkan tokonya telah ditutup, meskipun dia dikutip oleh kantor berita lokal yang mengatakan dia telah diizinkan untuk membuka kembali dan akan memberikan penjelasan ke pengadilan.

Kepala Kehakiman Iran, Gholamhossein Mohseni Ejei sebelumnya mengancam akan mengadili tanpa belas kasihan perempuan yang tampil di depan umum, lapor media Iran.

"Pengungkapan sama saja dengan permusuhan terhadap nilai-nilai (kami)," kata Ejei seperti dikutip oleh beberapa situs berita.

Dia menambahkan bahwa musuh Iran di luar negeri mendorong pelanggaran tersebut.

Di bawah hukum Iran yang diberlakukan setelah revolusi 1979, perempuan diwajibkan untuk menutupi rambut mereka dan mengenakan pakaian panjang yang longgar untuk menyamarkan sosok mereka. Pelanggar menghadapi teguran publik, denda atau penangkapan.

Menggambarkan cadar sebagai "salah satu fondasi peradaban bangsa Iran" dan "salah satu prinsip praktis Republik Islam," pernyataan Kementerian Dalam Negeri pada hari Kamis mengatakan tidak akan ada "mundur atau toleransi" pada masalah ini.

Ini mendesak warga untuk menghadapi wanita yang tidak bercadar. Arahan semacam itu dalam beberapa dekade sebelumnya telah membuat beberapa orang berani menyerang perempuan tanpa impunitas.

Pemerintah sering menutup mata terhadap pelanggaran aturan jilbab, namun hal ini menimbulkan kemarahan di kalangan tokoh agama dan politisi pro-pemerintah.

Menurut laporan media, seorang pemuka agama dan anggota parlemen pada hari Sabtu mengancam akan mengambil tindakan sendiri jika pemerintah tidak mengambil langkah untuk menegakkan aturan yang mewajibkan individu untuk berhijab.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Ebrahim Raisi Perempuan Iran Yoghurt Pemaksaan Memakai Hijab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :