Kamis, 25/04/2024 13:30 WIB

AS Sanksi Pria yang Mengatur Penjualan Senjata Korea Utara ke Rusia

Sanksi ini sebagai upaya untuk membatasi kemampuan Rusia untuk mengganti peralatan militer yang hilang di medan perang.

Tentara Ukraina menyiapkan howitzer M777 yang dipasok AS untuk ditembakkan ke posisi Rusia di wilayah Kherson, Ukraina, 9 Januari 2023. (AP Photo/Libkos)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan sanksi terhadap seorang pria Slovakia yang dilaporkan bekerja untuk mengatur penjualan senjata antara Korea Utara dan Rusia.

Departemen Keuangan AS mengatakan pada Kamis bahwa mereka menjatuhkan sanksi pada Ashot Mkrtychev sebagai bagian dari upayanya untuk membatasi kemampuan Rusia untuk mengganti peralatan militer yang hilang di medan perang.

"Rusia telah kehilangan lebih dari 9.000 peralatan militer berat sejak dimulainya perang, dan sebagian berkat sanksi multilateral dan kontrol ekspor, Putin menjadi semakin putus asa untuk menggantinya," kata Menteri Keuangan AS, Janet Yellen dalam rilis berita.

"Skema seperti kesepakatan senjata yang dilakukan oleh individu ini menunjukkan bahwa Putin beralih ke pemasok upaya terakhir seperti Iran dan DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea)," sambung dia.

Tak lama setelah sanksi diumumkan, Gedung Putih menyatakan keprihatinan bahwa Korea Utara akan memberikan dukungan lebih lanjut untuk operasi militer Rusia melawan Ukraina.

"Kami mendapat informasi baru bahwa Rusia secara aktif mencari amunisi tambahan dari Korea Utara," kata juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby kepada wartawan. 

"Kesepakatan seperti itu akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB," tambahnya.

Karena invasi mahal Rusia ke Ukraina telah berlarut-larut, AS terus berupaya mengisolasi Rusia secara ekonomi dan diplomatik. Namun, Rusia mendapat manfaat dari hubungan yang berkelanjutan dengan negara-negara di seluruh dunia yang melihatnya sebagai sekutu dan mitra dagang penting.

Yellen mengatakan AS akan terus menindak upaya Rusia untuk menghindari sanksi dan mendapatkan peralatan militer dari negara-negara seperti Korea Utara.

Rilis berita menyatakan bahwa Mkrtychev adalah warga negara Slovakia yang bernegosiasi dengan pejabat di Rusia dan Korea Utara untuk menjalin hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.

Dari tahun 2022 hingga awal 2023, Departemen Keuangan mengatakan bahwa Mkrtychev mengatur pejabat Korea Utara untuk memberikan lebih dari dua lusin jenis senjata dan amunisi untuk Rusia. Sebagai gantinya, dia bekerja agar pesawat komersial, bahan mentah, dan komoditas dikirim ke Korea Utara.

Korea Utara sendiri berada di bawah sanksi berat AS, yang dapat memengaruhi kemampuannya untuk mengakses berbagai barang. Rilis berita menyatakan bahwa negosiasi Mkrtychev telah dikonfirmasi dengan pejabat senior Rusia, menunjukkan bahwa persiapan untuk kesepakatan yang diusulkan telah selesai.

Sanksi hari Kamis membekukan semua aset yang berbasis di AS yang dipegang oleh orang yang ditunjuk dan umumnya melarang orang di AS melakukan urusan bisnis dengan mereka.

SUMBER: AL JAZEERA

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Amerika Serikat Pria Slovakia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :