Kamis, 25/04/2024 22:09 WIB

Zelenskyy Undang Presiden Xi Kunjungi Ukraina

Xi belum berbicara dengan Zelenskyy sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina Februari lalu, tetapi China menerbitkan rencana 12 poin untuk resolusi politik krisis Ukraina bulan lalu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama sesi parlemen di Kyiv, Ukraina, pada 3 Mei 2022. (Foto: Layanan Pers Presiden Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy telah menyampaikan undangan kepada Presiden China, Xi Jinping untuk berkunjung ke negaranya, 

"Kami siap melihatnya di sini," kata Zelenskyy dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Associated Press (AP), dipublikasikan Rabu (29/3).

Xi belum berbicara dengan Zelenskyy sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina Februari lalu. Namun, Negeri Tirai Bambu itu menerbitkan sebuah rencana 12 poin untuk resolusi politik krisis Ukraina bulan lalu. 

Xi membahas konflik tersebut dengan sahabatnya, Presiden Rusia Vladimir Putin, saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Moskow minggu lalu, meskipun pembicaraan tersebut tidak menunjukkan kemajuan tentang bagaimana mengakhiri perang.

Proposal China tersebut mencakup seruan untuk de-eskalasi dan gencatan senjata di Ukraina.

Tetapi Amerika Serikat (AS) telah menolak proposal tersebut, mengingat bahwa China telah menolak untuk mengutuk Rusia atas invasinya.

AS mengatakan bahwa gencatan senjata sekarang akan mengunci keuntungan teritorial Rusia dan memberi tentara Putin lebih banyak waktu untuk berkumpul kembali.

Ukraina menyambut baik keterlibatan diplomatik China, tetapi Zelenskyy mengatakan bahwa dia hanya akan mempertimbangkan penyelesaian damai setelah pasukan Rusia meninggalkan wilayah Ukraina.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina China Xi Jingping Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :