Sabtu, 20/04/2024 03:25 WIB

KPK Temukan Uang Dolar Singapura & AS Saat Geledah Apartemen Petinggi Ditjen Minerba

Penggeledahan tersebut dilakukan tim KPK sejak Senin (27/3) malam hingga Selasa (28/3) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB.

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang pecahan dolar Singapura dan Amerika Serikat saat menggeledah apartemen petinggi Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

Uang itu diduga terkait dengan kasus dugaan korupsi manipulasi tunjangan kinerja atau tukin pegawai di Kementerian ESDM.

"Kalau rincian nominal uangnya belum ada, masih perlu klarifikasi dulu hari ini. Bentukannya USD sama SGD," ujar sumber Jurnas.com, Selasa (28/3).

Penggeledahan tersebut dilakukan tim KPK sejak Senin (27/3) malam hingga Selasa (28/3) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB.

Dalam proses pencarian barang bukti, petinggi Ditjen Minerba dimaksud turut mendampingi penyidik KPK.

"Sekitar pukul 04.00 pagi dini hari baru selesai geledah dan ditemukan barbuk seperti uang tunai," kata sumber tersebut.

Belum ada keterangan resmi dari KPK mengenai hasil geledah kasus dugaan korupsi pembayaran tukin pegawai di Kementerian ESDM tersebut.

Pada kemarin, Senin (27/3), Tim KPK juga telah menggeledah Kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM di Tebet, Jakarta Selatan dan kantor Kementerian ESDM di Jakarta Pusat.

Sejumlah dokumen termasuk SK pegawai hingga surat perintah pembayaran tukin diamankan tim KPK dari kantor Kementerian ESDM.

"Bukti tersebut diamankan setelah penyidik KPK melakukan upaya paksa penggeledahan di dua lokasi berbeda di wilayah Jakarta pada Senin (27/3).

"Didua lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan antara lain berbagai dokumen yang menerangkan adanya dugaan pencairan fiktif tunjangan kinerja ASN di Kementerian ESDM," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Seperti diketahui, Lembaga antirasuah mengonfirmasi tengah mengusut kasus dugaan korupsi pembayaran tukin pegawai di Kementerian ESDM.

Kasus ini berawal dari aduan masyarakat yang ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan dan penyidikan. Di mana, kerugian negara yang ditimbulkan mencapai puluhan miliar rupiah

KEYWORD :

Korupsi tunjangan kinerja Kementerian ESDM KPK Ditjen Minerba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :