Minggu, 28/04/2024 01:38 WIB

Abaikan Surat Perintah ICC, Hongaria Tegaskan Tidak akan Tangkap Presiden Putin

Pemerintah Hongaria belum membentuk sikap terhadap surat perintah penangkapan ICC untuk Putin.

Gergely Gulyas, kepala staf Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban berbicara selama wawancara di kantornya di Budapest, Hongaria pada 16 September 2019. REUTERS/Gergely Szakacs/File Foto

JAKARTA, Jurnas.com - Hongaria mengatakan tidak akan menangkap presiden Rusia Vladimir Putin jika dia memasuki negara itu, meskipun Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuknya pekan lalu.

Kepala staf Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, Gergely Gulyas mengatakan, meskipun Hongaria adalah penandatangan Statuta Roma, perjanjian yang menciptakan ICC, dan meratifikasinya pada tahun 2001, menangkap Putin tidak akan memiliki dasar hukum Hongaria.

"Kami dapat mengacu pada undang-undang Hongaria dan berdasarkan itu kami tidak dapat menangkap Presiden Rusia… karena undang-undang ICC belum diumumkan di Hongaria," kata Gulyas.

Dia menambahkan bahwa pemerintah Hongaria belum membentuk sikap terhadap surat perintah penangkapan ICC untuk Putin.

Komentar tersebut mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi tetangga Hongaria di Eropa.

Orban dan pemerintahannya selalu menjadi sekutu terdekat Kremlin dalam blok Eropa. Setelah Putin memerintahkan pasukan Rusia  menginvasi Ukraina tahun lalu, Orban adalah pemimpin Uni Eropa yang paling enggan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Hongaria juga merupakan anggota NATO dan telah menyuarakan keberatan terhadap negara-negara Barat yang mengirim senjata ke Ukraina.

Orban telah memperingatkan bahwa Eropa "melayang ke" perang di Ukraina dan telah melakukan upaya ekstensif untuk memblokir Ukraina agar tidak bergabung dengan NATO. Itu juga menghambat upaya Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Ke-123 negara anggota ICC wajib bertindak berdasarkan surat perintah penangkapan, yang berarti bahwa jika Putin memasuki salah satu wilayah ini, dia harus ditahan oleh penegak hukum nasional.

Namun, Gulyas mengklaim pada hari Kamis bahwa Patung Roma belum dimasukkan ke dalam sistem hukum Hungaria, sehingga tidak akan berlaku.

Dalam apa yang akan ditafsirkan sebagai sikap simpatik kepada Kremlin, Gulyas mengatakan tentang surat perintah penangkapan: "Keputusan ini bukan yang paling menguntungkan karena membawa hal-hal ke arah eskalasi lebih lanjut dan bukan ke arah perdamaian, ini adalah pendapat subjektif pribadi saya."

Rusia telah menolak surat perintah ICC sebagai "tidak dapat diterima", dengan mengatakan bahwa itu tidak tunduk pada keputusan ICC.

"Rusia, seperti sejumlah negara bagian, tidak mengakui yurisdiksi pengadilan ini dan, karenanya, keputusan semacam ini batal demi hukum untuk Federasi Rusia dari sudut pandang hukum," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov di Twitter tak lama setelah itu surat perintah dikeluarkan.

Sumber: CNN

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Pengadilan Kriminal Internasional Vladimir Putin Kejahatan Perang Hongaria Vik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :