Kamis, 18/04/2024 18:13 WIB

Survei: Ganjar Pranowo Konsisten di Peringkat Pertama

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tetap menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi untuk calon presiden (Capres) 2024.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tetap menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi untuk calon presiden (Capres) 2024.

Hal itu berdasarkan hasil survei Indo Barometer yang dirilis, Selasa (21/3). Dalam simulasi lima nama dengan pertanyaan tertutup, Ganjar mendapat angka 29,4 persen, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 27,5 persen, dan Anies Baswedan dengan 23,9 persen.

Sementara Puan Maharani dan Airlangga Hartarto hanya meraih angka 1,4 persen dan 0,3 persen.

“Dari pertanyaan tertutup terhadap 5 nama calon presiden, Ganjar Pranowo selisih tipis dengan Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.

Namun, Qodari menyarankan agar tidak terlalu mengambil kesimpulan dari survei ini, karena belum ada satu tokoh pun yang elektabilitasnya mencapai 50%.

Meskipun Ganjar, Prabowo, dan Anies selalu masuk dalam tiga besar calon presiden potensial dalam survei-survei sebelumnya.

Dari pertanyaan tertutup terhadap tiga nama calon presiden, Ganjar Pranowo masih menempati posisi puncak dengan elektabilitas 30,3 persen. Sedangkan, Prabowo Subianto memperoleh 28,4 persen dan Anies Baswedan dengan 25,3 persen.

Survei ini dilakukan pada 12-24 Februari 2023 dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Responden yang diwawancarai adalah warga yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah mempunyai hak pilih. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified random sampling. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.190, dengan margin of error sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo semakin populer di kalangan masyarakat sebagai calon presiden pada tahun 2024. Sebagai gubernur Jawa Tengah yang telah menjabat selama dua periode, Ganjar Pranowo memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik dalam memimpin sebuah daerah.

Namun demikian, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan juga tetap menjadi pesaing yang kuat dalam pertarungan capres. Prabowo Subianto sendiri adalah mantan calon presiden pada tahun 2019 dan juga merupakan tokoh yang memiliki pengalaman dalam dunia politik dan militer.

Sementara Anies Baswedan adalah eks gubernur DKI Jakarta yang dikenal sebagai sosok yang inovatif dan progresif.

Dalam survei kali ini, Indo Barometer juga menanyakan tentang kinerja pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Sebanyak 58,6 persen responden menganggap kinerja pemerintah buruk dalam menangani pandemi Covid-19, sementara 36,4 persen responden menilai kinerjanya cukup baik.

Survei ini memberikan gambaran tentang elektabilitas calon presiden pada tahun 2024. Namun, masih terlalu dini untuk menentukan siapa yang akan menjadi calon presiden yang akan diusung oleh partai politik nantinya. Namun, dari survei ini, Ganjar Pranowo terlihat semakin kuat sebagai calon presiden potensial.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Survei Indo Barometer Ganjar Konsisten Peringkat Pertama Capres 2




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :