Kamis, 25/04/2024 22:19 WIB

Karyawan Asuransi Manulife Indonesia Dicecar KPK soal Investasi Lukas Enembe

Lukas Enembe diduga berinvestasi ke beberapa kegiatan usaha yang uangnya bersumber dari hasil tindak pidana korupsi (tipikor).

Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Merah Putih KPK Jakarta.

Jakarta, Jurnas.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Kepala Unit APUPPT Asuransi Manulife Indonesia, Tanti Meylani terkait dugaan alirang uang Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe untuk berinvestasi, Senin (20/3).

Lembaga antikorupsi menduga Lukas Enembe berinvestasi ke beberapa kegiatan usaha yang uangnya bersumber dari hasil tindak pidana korupsi (tipikor).

"Saksi (Tanti Meylani) hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan aliran uang Tersangka LE (Lukas Enembe) yang kemudian di investasikan pada beberapa kegiatan usaha," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (21/3).

Hingga saat ini KPK baru menetapkan dua tersangka dalam rangkaian kasus Lukas Enembe, yakni Lukas Enembe dan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka (RL) sebagai penyuap LE.

Tersangka Rijatono Lakka diduga menyerahkan uang kepada Lukas Enembe sekitar Rp1 miliar setelah terpilih mengerjakan tiga proyek infrastruktur di Pemprov Papua, yakni proyek multiyears atau tahun jamak peningkatan Jalan Entrop-Hamadi dengan nilai proyek Rp14,8 miliar.

Kemudian, proyek tahun jamak rehabilitasi sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi dengan nilai proyek Rp13,3 miliar, serta proyek tahun jamak penataan lingkungan venue menembak outdoor AURI dengan nilai proyek Rp12,9 miliar.

KPK menduga Lukas Enembe telah menerima pemberian lain sebagai gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya di mana berdasarkan bukti permulaan sejauh ini berjumlah sekitar Rp10 miliar.

Selain memeriksa saksi-saksi dan mengumpulkan alat bukti terkait tindak pidana korupsi dan gratifikasi, penyidik KPK saat ini juga melakukan penyidikan terhadap aset-aset yang diduga hasil korupsi milik tersangka LE.

KEYWORD :

KPK Gubernur Papua Lukas Enembe Korupsi Asuransi Manulife Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :