Jum'at, 19/04/2024 18:46 WIB

Spirit Kebhinekaan, Keturunan Raja Sunda Harap Ganjar Pranowo Jadi Presiden

Sejumlah keturunan Raja Sunda dan tokoh adat berkumpul di Sumedang, Jawa Barat, untuk menyatukan sikap mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden selanjutnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah keturunan Raja Sunda dan tokoh adat berkumpul di Sumedang, Jawa Barat, untuk menyatukan sikap mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden selanjutnya.

Agenda itu mengangkat tema "Masyarakat Budaya Sunda di Jawa Barat Deklarasi Ganjar Pranowo Sebagai Presiden 2024".

"Ganjar merupakan sosok pemimpin yang tepat untuk Indonesia saat ini. Selain jiwa kepemimpinannya yang bagus, beliau juga seorang pemimpin yang senantiasa peduli untuk terus melestarikan dan mengembangkam adat budaya di Indonesia," kata perwakilan Tokoh Masyarakat Budaya setempat, Abah Guriang, dalam kegiatan

Abah Guriang menjelaskan, konsolidasi tersebut merupakan momentum yang tepat dalam membentuk relawan yang berasal dari tokoh masyarakat budaya, karena mayoritas dihadiri oleh tokoh masyarakat budaya dari hampir semua wilayah yang ada di Jawa Barat.

"Sekitar 50 orang berkumpul di sini, tujuannya adalah untuk membahas tentang kondisi dan bagaimana menghadapi tantangan adat dan budaya di era modern saat ini. Kemudian kami pun membahas soal rencana deklarasi relawan Ganjar Pranowo yang diberi nama Dinasti Nusantara," ujarnya.

Pada prinsipnya, lanjut Abah Guriang, mayoritas tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut menerima dan sepakat untuk ikut berkontribusi mendukung Ganjar Pranowo.

"Tanggapannya cukup baik dan menerima siapa pun dengan terbuka yang punya itikad untuk menjadi pemimpin Indonesia ke depan. Asalkan memiliki niat untuk memperkuat kebhinnekaan melalui prinsip adat dan kebudayaan Indonesia, serta terus mempertahankan eksistensi keberadaan masyarakat budaya di Indonesia," jelas Abah Guriang.

Abah Guriang berharap Ganjar Pranowo bisa menjawab tantangan yang ada di tatanan masyarakat budaya.

"Kami berharap Pak Ganjar bisa menjawab persoalan itu, serta terus mendukung penuh kegiatan dan keberadaan masyarakat budaya di mana pun berada," kata dia.

Senada dengan Abah Guriang, tokoh masyarakat budaya Sunda di Jawa Barat lainnya, Ki Wangsa, mengaku siap untuk mendukung Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024.

"Kami siap berkomitmen untuk mendukung Ganjar Pranowo serta menyusun strategi untuk terus meningkatkan eksistensi beliau melalui peran tokoh masyarakat budaya Sunda yang ada di Jawa Barat," pungkasnya.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Spirit Kebhinekaan Keturunan Raja Sunda Capres 2024 Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :