Jum'at, 26/04/2024 10:30 WIB

IKAPPI Minta Pemerintah Serius Kendalikan Harga Pangan

Jika permintaan sudah tinggi dan tidak ada upaya lanjutan, maka kami pesimis harga pangan di pasaran akan turun.

Agen Telur di pasar tradisional. (Foto istimewa)

JAKARTA, Jurnas.com - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) mencatat beberapa harga komoditas masih cukup tinggi di pasaran menjalang Ramadan.

Beberapa komoditas tersebut antara lain, cabai rawit Rp 90.000 per kilogram (kg), cabai rawit hijau Rp50.000 per kg, bawang merah Rp 45.000 per kg, bawang putih Rp 40.000 per kg, dan telur ayam Rp 30.000 per kg, daging sapi 146.000-148.000 per kg

"(Harga) ini menjelang fase pertama kenaikan harga pangan Ramadan," kataSekretaris Jenderal DPP IKAPPI, Reynaldi Sarijowan dalam siaran resminya diterima Jurnas.com, Sabtu (18/3).

Reynaldi menilai beberapa komoditas saat ini masih mahal karena belum ada upaya serius dari pemerintah untuk mendorong agar harga tersebut segera turun.

"Ini sudah memasuki fase pertama di mana permintaan mulai naik menjelang Ramadan. Jika permintaan sudah tinggi dan tidak ada upaya lanjutan, maka kami pesimis harga pangan di pasaran akan turun," ucap dia.

Meski demikian, IKAPPI terus mendorong agar pemerintah segera melakukan upaya-upaya lanjutan, sehingga harga pangan kembali membaik atau tidak tinggi. Sebab, pedagang sendiri kesulitan menjual harga yang cukup tinggi di bulan Ramadan.

 

 

KEYWORD :

Harga Pangan Ramadan dan Puasa DPP IKAPPI Harga Telur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :