Jum'at, 19/04/2024 07:17 WIB

Hadiri Solo Indonesia Culinary Festival, Syarief Hasa : Dukung UMKM Lokal

Hadiri Solo Indonesia Culinary Festival, Syarief Hasa : Dukung UMKM Lokal

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan. (Foto: Humas MPR)

Solo, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Sjarifuddin Hasan mengunjungi langsung perhelatan Solo Indonesia Culinary Festival yang digelar di Benteng Vastenburg, Kota Solo pada Sabtu malam (11/3/2023). Ia berkunjung langsung bersama Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Syarief Hasan, sapaan Sjarifuddin Hasan, menyebut ia mengapresiasi pelaksanaan agenda festival tersebut. "Agenda Solo Indonesia Culinary Festival 2023 ini dapat menambah daya tarik Kota Solo, baik bagi pengunjung lokal maupun wisatawan luar daerah bahkan mancanegara. Acara ini tentu patut diapresiasi bersama," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, di panggung terbuka, SBY sempat menyumbangkan suara dengan menyanyikan lagu "Have You Ever Seen the Rain" dari Rod Steward dan disambut hangat oleh para pengujung festival. Ketum Partai Demokrat, AHY, bersama istri Anisa Pohan juga turut naik panggung memeriahkan malam penyelenggaraan festival tersebut.

Syarief Hasan menyebut, festival ini dapat mendukung UMKM. "Saya melihat, festival seperti ini dapat mendorong UMKM, khususnya UMKM Kuliner dapat terus tumbuh dan berkembang karena UMKM mendapatkan ruang dan tempat untuk memasarkan produknya," ujarnya.

Ia melanjutkan, UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional mesti diberikan ruang. "Kita sama ketahui, UMKM menyumbang PDB hingga 60% dari total PDB Nasional. Karenanya mendukung UMKM lewat wadah seperti festival sama saja mendukung ekonomi nasional," imbuhnya.

Syarief Hasan melanjutkan, kekhasan kuliner lokal Solo sangat luar biasa. "Lewat festival ini kita melihat promosi luar biasa terhadap produk kuliner yang sangat bervariasi dan kaya cita rasa. Harapannya, ini menjadi satu variabel pendukung meningkatnya peminat masyarakat untuk makan makanan khas daerah yang dikelola usaha rumahan dan UMKM," terangnya.

Guru Besar bidang Manajemen UMKM dari UNM itu berharap, festival seperti itu mesti terus dilakukan di daerah lain. "Saya berharap dan berkomitmen untuk mendorong daerah-daerah menyelenggarakan festival yang mengundang pengunjung dan mendukung pengembangan UMKM lokal di daerah-daerah," tutup Syarief Hasan

KEYWORD :

Kinerja MPR Syarief Hasan Indonesia Culinary Festival Solo Susilo Bambang Yudhoyono AHY UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :