Minggu, 28/04/2024 02:01 WIB

Pengamat Bingung Zainudin Amali Lepas Menpora demi PSSI

Emrus Sihombing Menilai Ada Manuver di Golkar

Emrus Sihombing

Jakarta, Jurnas.com - Pakar Ilmu Komunikasi Emrus Sihombing mengaku bingun atas keputusan Zainudin Amali yang mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) dan memilih menjadi wakil ketua umum PSSI di bawah Erick Thohir.

Menurut Emrus, sangat sulit dicerna akal ketika Zainudin Amali yang merupakan politikus Partai Golkar (Golkar) menganggap wakil ketua umum PSSI lebih penting dibanding sebagai Menpora.

"Menurut hemat saya, ini tampak tidak normal. Sebab, memegang jabatan PSSI dapat disebut `Turun Tahta` dari Menpora. Apalagi (hanya) menjadi Wakil Ketua Umum PSSI," tukas Emrus kepada awak media, Jumat (10/3/2023).

Seharusnya sebaliknya, kata Emrus keberhasilan seseorang memimpin PSSI yang "naik tahtah" menjadi Menpora.

"Pengalaman keberhasilan memimpin PSSI digunakan dasar pijak memimpin dan memajukan organisasi-organisasi olah-raga lainnya," tukas Emrus.

Karena itu, Emrus tak bisaencerna alasan Zainudin Amali mundur dari jabatan Menpora agar fokus bekerja untuk kemajuan PSSI.

Apalagi Emrus mengingatkan sosok Erick Thohir sebagai pimpinan nomor satu di PSSI yang paling bertanggungjawab terhadap kemajuan pesepakbolaan Indonesia tidak mundur dari menteri BUMN.

"Dari ketidaknormalan tersebut, saya berhipotesa komunikasi politik, membuka peluang faksi tertentu di Golkar memberi dukungan politik kepada Erick Thohir, jika ia menjadi kandidat calon presiden atau calon wakil presiden pada pemilu 2024," tegas Emrus.

Karena itu, Emrus menilai sebaiknya Golkar segera menyatukan dan merapatkan barisan agar tetap solid mengusung Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, calon presiden Pilpres 2024.

"Jika tidak, dukungan politik Golkar berpotensi terpolarisasi menuju Pilpres 2024," tuntas Emrus Sihombing.

KEYWORD :

Menpora Zainudin Amali Erick Thohir PSSI Emrus Sihombing Golkar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :