Jum'at, 26/04/2024 20:25 WIB

Presiden Raisi Kunjungan Kenegaraan Pertama ke China

Raisi mimpin delegasi besar ke China atas undangan Presiden Xi Jinping.

Dalam file foto ini diambil pada 06 Juni 2021 calon presiden Iran Ebrahim Raisi memberi isyarat selama kampanye pemilihan umum di kota Eslamshahr. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com  – Presiden Iran Ebrahim Raisi diperkirakan akan berangkat dari Teheran pada Senin malam. Dia memimpin delegasi besar ke Negeri Tirai Bambu atas undangan Presiden Xi Jinping.

Perjalanan tiga hari itu adalah kunjungan kenegaraan pertama Raisi ke raksasa ekonomi Asia itu dan yang pertama oleh seorang presiden Iran dalam 20 tahun, menurut media pemerintah Iran.

Raisi dan Xi pertama kali bertemu sebagai presiden di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Uzbekistan pada bulan September. China telah mendukung upaya Iran yang sekarang berhasil untuk menjadi anggota penuh organisasi tersebut.

Presiden Iran, yang mulai menjabat pada Agustus 2021, didampingi oleh tim yang luas, termasuk gubernur bank sentral yang baru, menunjukkan prioritasnya selama perjalanan tersebut.

Enam anggota kabinet Raisi, termasuk menteri ekonomi, perminyakan, luar negeri, perdagangan, transportasi dan pembangunan kota, serta pertanian juga menjadi bagian dari delegasi tersebut.

Op-ed oleh Raisi diterbitkan pada hari Senin di sebuah publikasi China terkemuka, di mana dia menyambut baik perluasan hubungan bilateral. Raisi akan melakukan pertemuan dengan Xi, dilanjutkan dengan negosiasi antar delegasi yang diharapkan dapat berujung pada penandatanganan beberapa kesepakatan di hadapan para presiden.

Mohammad Jamshidi, wakil Raisi untuk urusan politik, mengatakan kepada televisi pemerintah pada hari Minggu bahwa tujuan utama perjalanan tersebut adalah untuk “menyelesaikan mekanisme operasional” dari perjanjian kerja sama komprehensif 25 tahun yang ditandatangani kedua negara pada tahun 2021.

Pada awal 2022, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian mengatakan perjanjian tersebut telah memasuki tahap implementasi tetapi tidak ada kontrak atau proyek besar yang diumumkan berdasarkan perjanjian tersebut selama Iran masih berada di bawah sanksi berat Amerika Serikat.

China menginvestasikan hanya $162 juta dalam ekonomi Iran selama tahun pertama kepresidenan Raisi, kurang dari Afghanistan dan Turki, menurut seorang pejabat investasi Iran. China merupakan mitra dagang terbesar Iran, dengan data bea cukai Iran untuk 10 bulan pertama tahun kalender Iran saat ini yang berakhir pada Maret menunjukkan Iran mengekspor barang senilai $12,6 miliar ke China dan mengimpor $12,7 miliar.

China juga terus membeli minyak dari Iran meskipun ada sanksi AS, tetapi volume persisnya dirahasiakan. Sejumlah perusahaan yang melacak data mengatakan ekspor minyak Iran mencapai level tertinggi baru dalam dua bulan terakhir tahun 2022 dan memiliki awal yang kuat hingga tahun 2023.

Bersamaan dengan Rusia, China juga mengisyaratkan mendukung upaya Iran untuk bergabung dengan kelompok BRICS yang kuat dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Kesepakatan nuklir, baris GCC
China adalah penandatangan kesepakatan nuklir Iran tahun 2015 dengan kekuatan dunia yang juga mencakup Rusia, AS, Inggris, Prancis, dan Jerman – yang ditinggalkan secara sepihak oleh Washington pada tahun 2018.

Presiden Iran juga didampingi oleh Ali Bagheri Kani, negosiator nuklir negara itu, yang telah mengadakan pembicaraan dengan Barat yang bertujuan memulihkan kesepakatan. Pembicaraan, yang dimulai pada awal 2021, bagaimanapun, tetap menemui jalan buntu.

Ini bisa menjadi sinyal bahwa pembicaraan tentang Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), sebagaimana kesepakatan itu dikenal secara resmi, juga bisa menjadi bagian penting dari kunjungan tersebut.

AS secara terbuka menyatakan bahwa pembicaraan nuklir saat ini bukan prioritas di tengah dugaan pasokan drone Teheran ke Rusia untuk perang di Ukraina dan setelah berbulan-bulan protes mematikan di Iran.

Tetapi Teheran menuduh Washington munafik karena mengklaim pesan-pesan secara teratur dipertukarkan antara keduanya melalui perantara dalam upaya memulihkan JCPOA.

Sementara itu, kunjungan Raisi juga dilakukan tak lama setelah Teheran memanggil duta besar China untuk Teheran pada bulan Desember untuk menyampaikan "ketidakpuasan yang kuat" setelah Xi mengeluarkan pernyataan bersama yang kontroversial dengan para pemimpin negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

Xi, yang juga mengejar hubungan lebih dekat dengan negara-negara lain di kawasan itu, termasuk beberapa saingan Arab Iran, telah menandatangani pernyataan yang menyerukan untuk mempertanyakan kepemilikan Iran atas tiga pulau di Selat Hormuz, selain mengangkat poin tentang kehadiran regional Iran dan program nuklir.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Hubungan China Iran Ebrahim Raisi Xi Jinping Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :