Sabtu, 20/04/2024 07:46 WIB

KPK Jawab Novel Baswedan soal Harun Masiku: Jangan Berprasangka Negatif!

Novel Baswedan menyebut, KPK era Firli Bahuri tidak akan mampu menangkap tersangka Harun Masiku.

Gedung Merah Putih KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons pernyataan Novel Baswedan yang menyebut, KPK era Firli Bahuri tidak akan mampu menangkap tersangka sekaligus mantan caleg PDIP, Harun Masiku.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri meminta Novel tidak berpersepsi negatif terhadap kinerja lembaga antirasuah.

"Saya kira kita semua harus optimis dalam upaya penegakan hukum, tanpa berprasangka dan berpersepsi gitu ya negatif ataupun membuat narasi-narasi yang kemudian seolah-olah KPK tidak bekerja," kata Ali Fikri, Kamis (9/2).

Ali memastikan, pihaknya tetap melakukan pengejaran terhadap empat DPO di antaranya Harun Masiku, Kirana Kotama alias Thay Ming, Paulus Tannos dan Ricky Ham Pagawak.

"Saya pastikan KPK terus memburu dan mencari seluruh buronan KPK yang tersisa empat itu. KPK bergerak, setiap informasi yang diterima di mana pun berada gitu ya," tegas Ali.

Meski demikian, KPK tidak bisa menyampaikan kinerjanya dalam mencari empat orang buron tersebut.

"Untuk tindak lanjutnya, secara teknis tentu tidak bisa kami sampaikan. Itu yang bisa kami sampaikan," ucap Ali.

Sebelumnya, mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan meyakini, KPK di bawah komando Firli Bahuri tidak akan mampu menangkap tersangka Harun Masiku yang sudah lebih dari tiga tahun masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

Harun merupakan tersangka kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) Anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Saya yakin, selama Firli menjadi Pimpinan KPK, DPO atas nama Harun Masiku tidak akan ditangkap. Hal ini sudah pernah saya sampaikan sejak sekitar setahun lalu, dan sampai sekarang masih benar," ucap Novel dalam cuitan pada akun media sosial Twitter, Kamis (9/2).

Novel menyatakan, jika KPK serius mencari Harun Masiku yang juga merupakan mantan calon legislatif (Caleg) PDI Perjuangan itu, akan mudah menangkapnya. Namun, Novel meragukan KPK yang secara serius ingin mencari dan menangkap Harun Masiku.

"Kalau memang dicari benar-benar mestinya bisa ditangkap," pungkas Novel.

KEYWORD :

KPK Buronan Korupsi Harun Masiku Novel Baswedan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :