Jum'at, 19/04/2024 08:02 WIB

Tetapkan Capres, KIB Tunggu Manuver PDIP dan Arahan Presiden Jokowi

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum akan mengumumkan Calon Presiden dalam waktu dekat. Padahal banyak pihak menunggu langkah politik KIB.

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PPP Muhammad Mardjono yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Indonesian Politics Research & Consulting, Firman Manan mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum akan mengumumkan Calon Presiden dalam waktu dekat. Padahal banyak pihak menunggu langkah politik KIB.

“Kalau konsisten dengan komitmen awalnya, KIB tidak akan buru-buru menetapkan capres,” tegas Firman, Jumat (3/2).

Rencananya, KIB yang terdiri dari partai Golkar, PAN dan PPP akan melakukan pertemuan di akhir minggu ini.

Dosen Universitas Padjajaran ini mengatakan, seperti juga koalisi lainnya, KIB menunggu arahan dari PDIP, dan  presiden Joko Widodo.

“KIB sepertinya tetap menunggu sinyal dari PDIP (dan Presiden), karena sejauh ini masih bersikap loyal sebagai anggota koalisi pendukung pemerintah. Apalagi untuk capres justru KIB kelihatannya yang paling cair, belum mengerucut ke kandidat tertentu,” jelas Firman.

Saat ini koalisi Nasdem-Demokrat-PKS bersepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Capres. Kemudian Poros Perubahan yang terdiri dari Gerindra-PKB disebut akan mengumumkan Capres bulan depan. Menanggapi hal itu, Firman mengatakan, semua masih menunggu PDIP bergerak.

“Makanya keputusan Ibu Mega yang paling ditunggu. Karena akan menentukan manuver dari partai-partai lain, dan kemungkinan format koalisi termasuk potensi jumlah paslon yang akan maju di pilpres,” ungkap Firman.

Untuk KIB sendiri, firman menegaskan, mereka menunggu sinyal, sikap, dan keputusan politik dari PDIP dan Presiden Jokowi.

Parpol anggota KIB memiliki kandidat masing-masing. Golkar, sesuai Munas mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Capres. PAN dan PPP, meski mendorong Ketum mereka menjadi capres, namun menunjukkan dukungan pada Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad mengungkapkan Golkar akan mendapati beberapa pilihan dalam Pilpres 2024.

Utamanya, seusai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil/RK) dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) bergabung dalam partai berlambang pohon beringin itu.

"Dalam konteks pilpres, saya kira semakin banyak kepentingan, juga akan semakin banyak tantangan bagi Golkar untuk memformulasikan agendanya dalam pilpres," terang pakar pemasaran dan komunikasi politik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Alternatif pertama, Golkar bisa mengajukan Ketum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden dengan segala risiko dan keuntungannya.

"Kira-kira misalnya mencalonkan ketum harga mati, mau tidak mau harus Airlangga," ujarnya.

Golkar juga bisa mencoba alternatif lain dengan mengusung nama baru lewat mekanisme konvensi. "Atau ada alternatif lain lewat konvensi. Atau Golkar sedang mencari tokoh lain," ungkapnya.

Kendati demikian, kata Nyarwi, Golkar tidak punya tradisi untuk kalah total dalam ajang pemilu. Sedangkan dalam pilpres ada dua bursa yakni bursa capres dan bursa cawapres. Sehingga terbuka kemungkinan Golkar akan bermain di bursa yang mempunyai peluang menang lebih besar.

"Bisa jadi Golkar ketika gagal bermain di bursa capres, bisa jadi punya banyak stok untuk bermain di cawapres. Itu saya kira peluang-peluang yang bisa dipertimbangkan," pungkasnya.

KEYWORD :

Koalisi Indonesia Bersatu Koalisi KIB Capres 2024 Capres KIB Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :