Sabtu, 20/04/2024 14:10 WIB

KY Kerahkan Ahli Usut Video Diduga Hakim Kasus Ferdy Sambo

Ia tidak menyebutkan berapa ahli yang dilibatkan untuk menelusuri kebenaran video tersebut.

Gedung Komisi Yudisial (Harnas)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Yudisial (KY) masih mengusut beredarnya video diduga Hakim Wahyu Imam Santoso saat pergi ke dokter, bersama perempuan misterius dan menjadi teman diskusi untuk perkara Ferdy Sambo.

“Iya (tetap diproses). Saat ini, KY dalam tahap mengecek kebenaran dan keutuhan video tersebut,” kata Juru Bicara KY, Miko Susanto Ginting, Rabu (1/3/2023).

Miko menyatakan saat ini sejumlah ahli sedang melakukan pemeriksaan terhadap video tersebut. Namun, ia tidak menyebutkan berapa ahli yang dilibatkan untuk menelusuri kebenaran video tersebut.

"Pemeriksaannya masih dilakukan oleh ahli. Ada ahlinya, kredibel dan sering dilibatkan oleh KY dalam beberapa kesempatan. Akan dikabarkan jika ada perkembangan terbaru," ujarnya.

Miko mengatakan sampai saat ini Komisi Yudisial belum meminta klarifikasi dari Hakim Wahyu dan seorang perempuan yang diduga berada di lokasi saat video dibuat.

Menurut dia, hakim belum bisa diperiksa selama memimpin suatu perkara di pengadilan.

"Proses pemeriksaan etik dan proses pemeriksaan substansi perkara merupakan dua area yang berbeda. KY memang tidak bisa melakukan pemeriksaan terhadap hakim yang sedang memimpin persidangan," ucap Miko.

"Ketentuan itu termuat di Pasal 41 Ayat (2) UU Kekuasaan kehakiman yang berbunyi dalam melaksanaan tugas pengawasan, maka tindakan tersebut tidak boleh mengurangi kebebasan hakim dalam memeriksa dan memutus perkara,” jelas dia.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membenarkan ada video berisi rekaman Wahyu Imam Santoso, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang bicara tentang kasus pembunuhan Brigadir J.

Dalam video yang beredar, pria diduga Hakim Wahyu sedang bahas kasus Ferdy Sambo dengan seorang perempuan.

Akan tetapi, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan video yang beredar di media sosial itu tidak lengkap plus ditambah narasi.

KEYWORD :

Komisi Yudisial Hakim Wahyu Imam Kasus Ferdy Sambo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :