Sabtu, 20/04/2024 02:38 WIB

Program Food Estate di Kabupaten Humbahas Tak Sesuai Harapan

Djarot pun mengatakan kurang yakin pengembangan 215 hektare tersebut bisa terealisasi. 

Anggota Komisi IV DPR RI, Djarot Saiful Hidayat melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi IV DPR RI ke lokasi pengembangan kawasan Food Estate di Desa Ria Ria, kecamatan Pollung, kabupaten Humbahas, Kamis (26/1).

JAKARTA, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR RI, Djarot Saiful Hidayat menilai pengembangan kawasan Food Estate hortikultura berbasis korporasi di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara tidak sesuai yang diharapkan.

Begitu disampaikan Djarot pada Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi IV DPR RI ke lokasi pengembangan kawasan Food Estate  di Desa Ria Ria, kecamatan Pollung, kabupaten Humbahas, Kamis (26/1).

"Setelah berjalan 3 tahun, kita evaluasi, ternyata hasilnya belum optimal, tidak seperti yang kita harapkan. Baru terealisasi sekitar 165 hektare dari 215 hektare luas area yang telah dikembangkan melalui dukungan APBN Ditjen Hortikultura," kata dia, seperti dikutip di laman DPR RI.

Djarot pun mengatakan kurang yakin pengembangan 215 hektare tersebut bisa terealisasi. "Tindak lanjut untuk bisa mengembangkan sampai dengan 215 hektare itu menurut saya berat," tutur dia.

Belum lagi, lanjut dia, saat dilakukan peninjauan, ditemukan sejumlah varietas komoditi hasil panen lain di kawasan Food Estate yang tidak hanya berfokus pada komoditas hortikultura yang rentan menyumbang inflasi nasional seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang industri.

"Kita lihat di sana ternyata ada macam-macam seperti jagung, cabai, kol, dan lainnya. Sebaiknya, kita perlu fokus, misalnya Humbahas fokus untuk mengembangkan bawang merah, bawang putih, dan kentang, nantinya kawasan Food Estate daerah lainnya fokus mengembangkan yang lainnya," kata dia.

"Kemudian penting juga ada kemitraan dengan investor, karena program Food Estate itu harusnya berpikir dari hulu ke hilir, bukan hanya produksinya, tapi juga bagaimana kita mengelola produksi itu yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani khususnya di Humbahas ini," sambung dia.

Pengembangan kawasan Food Estate hortikultura berbasis korporasi di labupaten Humbahas Sumut, bertujuan membangun kawasan sentra pangan khususnya komoditi hortikultura yang berdaya saing, terpadu berskala luas, dengan mengintegrasikan berbagai aspek dari hulu ke hilir seperti budidaya, pasca panen, perbenihan, pengendalian hama penyakit, mekanisasi dan pengolahan dan pemasaran, sosial-budaya, serta konservasi lingkungan hingga pariwisata.

Kawasan Food Estate juga didesain sebagai kawasan produksi baru berskala luas, khususnya terhadap komoditas hortikultura yang rentan menyumbang inflasi nasional, seperti bawang merah dan produksi produk hortikultura yang masih harus dipenuhi dari impor khususnya kentang industri (Potato Chips) dan bawang putih dengan cara mengurangi defisit produksi terhadap kebutuhan terutama untuk wilayah Pulau Sumatera.

Adapun Anggota Komisi IV DPR RI lain yang turut hadir di antaranya, Mindo Sianipar, Maria Lestari (F-PDIP), Darori Wonodipuro (F-Gerindra), Sulaeman L. Hamzah (F-Nasdem), Edward Tannur (F-PKB), dan Slamet (F-PKS).

KEYWORD :

Food Estate Kabupaten Humbahas Komisi IV DPR RI Djarot Saiful Hidayat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :