Rabu, 08/02/2023 19:47 WIB

Menteri Israel Kunjungan Rahasia ke ke Uni Emirat Arab

Menteri Urusan Strategis Israel, Ron Dermer melakukan perjalanan pada hari Minggu ke Abu Dhabi, di mana dia bertemu dengan pejabat senior, situs berita Israel Walla melaporkan pada hari Senin.

Menteri urusan strategis Israel, Ron Dermer, sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk Amerika Serikat (File: Mike Segar/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Seorang menteri Israel telah melakukan perjalanan rahasia ke Uni Emirat Arab (UEA) menjelang kemungkinan kunjungan ke negara Teluk itu oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Menurut laporan, Menteri Urusan Strategis Israel, Ron Dermer melakukan perjalanan pada hari Minggu ke Abu Dhabi, di mana dia bertemu dengan pejabat senior, situs berita Israel Walla melaporkan pada hari Senin.

Di samping Dermer adalah Penasihat Keamanan Nasional Tzachi Hanegbi.

Perjalanan itu akan menjadi yang pertama oleh seorang menteri Israel ke UEA sejak pemerintah baru Israel mulai berkuasa pada akhir Desember.

Netanyahu diperkirakan akan melakukan kunjungan ke UEA tak lama setelah dia kembali ke jabatan perdana menteri, tetapi masuknya menteri keamanan nasional yang provokatif, Itamar Ben-Gvir, ke kompleks Masjid Al-Aqsa pada Januari menyebabkan pembatalan perjalanan ke UEA. 

UEA mengeluarkan kecaman publik atas tindakan Ben-Gvir saat itu.

Dalam perjalanannya ke UEA, Dermer mencoba menghilangkan beberapa kekhawatiran pemerintahnya terkait Ben-Gvir dan anggota sayap kanan lainnya dari pemerintah Israel, menurut laporan tersebut.

Israel dan UEA menormalisasi hubungan pada tahun 2020 di bawah Abraham Accords yang ditengahi Amerika Serikat dan sejak itu memperkuat hubungan mereka, termasuk dengan menandatangani perjanjian perdagangan bebas pada bulan Mei.

Dermer menjabat sebagai duta besar Israel untuk AS ketika perjanjian itu ditandatangani.

Naftali Bennett, politisi sayap kanan yang menggantikan Netanyahu sebagai perdana menteri pada 2021, menjadi pemimpin Israel pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke UEA pada Desember tahun yang sama sebelum berkunjung lagi untuk melakukan pembicaraan pada Juni tahun lalu.

UEA berada di pusat strategi Israel untuk menormalisasi hubungan dengan pemerintah Arab meskipun terus menduduki wilayah Palestina dan serangan hampir setiap hari di Tepi Barat yang diduduki, yang telah menewaskan 17 warga Palestina bulan ini.

Sumber: Al Jazeera

TAGS : Israel Naftali Bennett Uni Emirat Arab Benjamin Netanyahu Kunjungan Rahasia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :