Jum'at, 26/04/2024 09:49 WIB

Ini Penyebab Harga Kripto di Awal Tahun Mulai Tumbuh

Ini Penyebab Harga Kripto di Awal Tahun Mulai Tumbuh

Ilustrasi Bitcoin (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Awal tahun ini, harga aset kripto mengalami kenaikan. Pekan lalu, Bitcoin (BTC) naik lebih dari 20 persen, disusul juga oleh Ethereum (ETH) yang naik lebih dari 12 persen.

Kenaikan terjadi setelah tingkat inflasi diumumkan menurun selama enam bulan berturut-turut pada Desember lalu. Selain itu, pasar sepakat The Federal Open Market Committee (FOMC) kemungkinan akan menurunkan suku bunga sebanyak 25 poin persentase dibanding bulan lalu (50 poin).

Penurunan nilai mata uang dolar Amerika Serikat memberi dampak baik terhadap kenaikan harga Bitcoin. Pasalnya, dolar AS yang digunakan oleh mitra dagang Amerika Serikat selama tiga bulan terakhir merosot hingga 9 perse.

Hal tersebut berpengaruh positif pada mayoritas perdagangan Bitcoin melawan mata uang dolar. Kenaikan dari harga aset crypto tersebut diharapkan dapat mendorong optimisme pasar untuk menganalisis lebih lanjut sektor industri crypto yang memiliki potensi besar pada tahun 2023.

"Awal tahun 2023 ini meskipun masih dalam kondisi ketidakpastian terhadap ekonomi secara makro, sebagai investor, kita tetap perlu melakukan riset berbagai project-project yang memiliki potensi ke depannya," kata Chief Marketing Officer PINTU Timothius Martin pada Rabu (18/1).

"Salah satunya seperti Zero Knowledge (zk) yang implementasinya sudah cukup populer di tahun 2022 dan pada tahun 2023 ini potensi dan kesuksesannya patut diperhatikan," imbuh dia.

Dikutip dari Pintu Academy, Zero Knowledge adalah teknologi yang memungkinkan transaksi dalam blockchain diproses hanya dengan membaca sebuah proof tanpa memerlukan data lengkap.

Dengan ini, jaringan tidak perlu mengeluarkan daya komputasi besar untuk memproses transaksi. Teknologi zk sedang mendapat perhatian karena ia bisa meningkatkan throughput (TPS) dan mengurangi biaya transaksi pengguna.

"Teknologi zk sendiri sebenarnya sudah ada sejak 1990an. Beberapa proyek aset crypto sedang dalam proses mengembangkan implementasi zk adalah StarkEx, StarkNet, Loopring, zkSync, dan juga Polygon. Adapun selain project zk, project layer 2 Ethereum juga patut diperhitungkan di tahun 2023," terang Timo.

KEYWORD :

Cryptocurrency Kripto Mata Uang Pintu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :