Jum'at, 26/04/2024 06:06 WIB

China Izinkan Kembali Boeing 737 MAX Mungudara

China mengandangkan pesawat tersebut setelah dua kecelakaan mematikan yang melibatkan model tersebut pada 2018 dan 2019.

Pesawat Boeing 737 MAX (Foto: Teheran Time)

JAKARTA, Jurnas.com-  Sebuah Boeing 737 MAX lepas landas dari China selatan pada Jumat (13/1), penerbangan domestik pertama yang menggunakan model pesawat tersebut sejak Maret 2019 ketika dikandangkan setelah dua kecelakaan mematikan.

Penerbangan China Southern Airlines meninggalkan kota Guangzhou pada sore hari dan menuju Zhengzhou, situs pelacakan Flightradar24 menunjukkan. Penerbangan 737 MAX kedua lepas landas dari Guangzhou kemudian, terbang ke pusat kota Wuhan.

China mengandangkan pesawat tersebut setelah dua kecelakaan mematikan yang melibatkan model tersebut pada 2018 dan 2019.

Sebuah penerbangan Ethiopian Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, menewaskan 157 orang. Kecelakaan itu terjadi lima bulan setelah jatuhnya pesawat 737 MAX di Indonesia yang menewaskan 189 orang.

Penyelidik mengatakan penyebab utama kedua tragedi itu adalah sistem penanganan penerbangan yang salah yang dikenal sebagai Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS).

Pesawat diizinkan untuk terbang lagi di Amerika Serikat pada November 2020, diikuti oleh negara lain, setelah dilakukan modifikasi pada perangkat lunak kontrol penerbangan dan pelatihan pilot.

China adalah pasar Boeing besar terakhir yang menganggap jet itu layak terbang pada Desember 2021, memprediksi akan kembali ke wilayah udara China pada "akhir tahun atau awal (2022)".

Tetapi kebutuhan untuk menyelesaikan rintangan terakhir dengan regulator China berarti penantian itu lebih lama dari yang diharapkan.

Tantangan untuk Boeing

Larangan tersebut memengaruhi sebagian besar maskapai penerbangan yang beroperasi di kawasan Asia-Pasifik, dan menghadirkan tantangan besar bagi Boeing.

Perusahaan mengatakan pada bulan Oktober sedang mencari pelanggan potensial lain untuk 737 MAX karena China masih belum menerima pengiriman jet yang telah dipesannya.

Selain itu, kebijakan tanpa toleransi COVID-19 China telah "mengurangi permintaan pesawat secara umum", kata Kepala Eksekutif Boeing Dave Calhoun saat itu. Namun baru-baru ini ada tanda-tanda bahwa kapal induk China akan diizinkan untuk kembali menggunakan pesawat tersebut.

Sebuah Boeing 737 MAX digunakan oleh MIAT Mongolian Airlines untuk perjalanan pulang pergi dari Ulaanbaatar ke Guangzhou pada bulan Oktober, sebuah rute yang telah diulang sejak itu.

Baik China Southern Airlines maupun regulator penerbangan sipil China tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar terkait penerbangan hari Jumat.

Kantor Boeing China menolak berkomentar dan merujuk AFP ke operator pesawat.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Boeing 737 MAX China Kecelakaan Udara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :