Jum'at, 19/04/2024 00:20 WIB

Hong Kong Lanjutkan Impor Hamster

Hong Kong Lanjutkan Impor Hamster.

Hamster (Foto: Miami Herald)

JAKARTA, Jurnas.com - Hong Kong akan melanjutkan impor hamster akhir bulan ini, hampir setahun setelah sekitar 2.000 hewan pengerat dimusnahkan pada puncak wabah virus corona di kota itu.

Pusat Keuangan China menghentikan impor komersial mamalia kecil Januari lalu setelah seorang pekerja toko hewan peliharaan dan hampir selusin hamster dinyatakan positif mengidap varian Delta.

Sebagai bagian dari kebijakan nol-COVID yang ketat di kota itu, pihak berwenang juga memerintahkan pemilik hamster untuk menyerahkan hewan peliharaannya untuk dimusnahkan, yang memicu protes dari aktivis hewan dan banyak penduduk.

Hamster sekali lagi dapat diimpor untuk dijual di Hong Kong mulai bulan ini, tetapi hanya jika mereka dinyatakan negatif virus corona, Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi mengatakan kepada AFP, Kamis.

Kampanye Hong Kong melawan hamster terjadi pada hari-hari awal wabah Omicron yang akhirnya menewaskan sekitar 9.000 orang dan menandakan runtuhnya pertahanan kota terhadap COVID-19.

Wabah itu membuat Hong Kong menjadi salah satu tingkat kematian per kapita tertinggi di dunia tahun lalu, sebagian besar dipicu oleh orang lanjut usia yang menolak untuk divaksinasi.

Pemerintah membela langkah-langkah garis kerasnya, sebagian mengutip penelitian ilmiah yang menunjukkan hamster Suriah dapat terinfeksi COVID-19 dan menularkannya ke manusia.

Kritikus melihat pemusnahan sebagai ilustrasi dari jenis aturan ketat yang menghantam ekonomi kota, memicu eksodus penduduk dan membuatnya terisolasi secara internasional selama lebih dari dua tahun.

Larangan impor, yang awalnya berlaku untuk semua mamalia kecil, dipersempit hanya untuk hamster pada bulan Mei.

Kota ini mulai melonggarkan pembatasan pandemi pada bulan September, dengan China daratan mengikutinya pada akhir tahun, meskipun di Hong Kong beberapa tindakan pengendalian seperti kewajiban penggunaan masker di dalam dan luar ruangan tetap ada.

KEYWORD :

Hong Kong Impor Hamster Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :