Sabtu, 27/04/2024 06:56 WIB

Zelenskyy Minta Bantuan PM India Terapkan Formula Perdamaian

Zelenskyy Minta Bantuan PM India Terapkan Formula Perdamaian.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di hadapan bangsa di Kyiv (File: Kantor Pers Presiden Ukraina via AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dia meminta bantuan India untuk menerapkan formula perdamaian. Hal itu dia sampaikan dalam panggilan telepon dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Percakapan itu terjadi pada saat India, yang tidak secara eksplisit mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, sedang berusaha untuk memperkuat hubungan perdagangan dengan Moskow sementara negara-negara Barat memperkenalkan langkah-langkah baru untuk membatasi pendanaan perang Rusia.

"Saya melakukan panggilan telepon dengan PM Narendra Modi dan berharap kepresidenan G20 sukses," tulis Zelenskyy di Twitter, dikutip dari Reuters. "Di platform inilah saya mengumumkan formula perdamaian dan sekarang saya mengandalkan partisipasi India dalam implementasinya."

Bulan lalu, Zelenskyy meminta Kelompok 20 ekonomi utama untuk mengadopsi formula perdamaian 10 poin Ukraina dan mengakhiri perang.

Kementerian luar negeri India tidak segera menanggapi permintaan komentar untuk mencari perincian panggilan telepon antara Modi dan Zelenskyy.

India telah muncul sebagai pembeli minyak Rusia terbesar kedua setelah China, bulan ini mengambil barel minyak mentah Ural jauh di bawah batas harga US$60 yang disetujui oleh negara-negara Barat.

Menteri luar negeri negara itu mengatakan bahwa sebagai konsumen minyak dan gas terbesar ketiga di dunia di mana tingkat pendapatannya tidak tinggi, India harus menjaga kepentingannya sendiri dan menyebut Rusia sebagai "mitra tetap dan teruji waktu".

Reuters juga melaporkan bulan lalu bahwa Moskow telah mengirim India daftar lebih dari 500 produk untuk pengiriman potensial, termasuk suku cadang untuk mobil, pesawat terbang dan kereta api, karena sanksi menekan kemampuan Rusia untuk menjaga agar industri vital tetap berjalan.

India, juga, telah mengirimkan Rusia daftar produk India untuk akses ke pasar Rusia, menurut menteri luar negeri, karena berupaya menyeimbangkan perdagangan bilateral yang sekarang condong ke Rusia.

Dalam panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin awal bulan ini, Modi mengulangi seruannya untuk dialog dan diplomasi untuk mengakhiri konflik di Ukraina.

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelenskyy India Narendra Modi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :