Jum'at, 23/02/2024 23:35 WIB

Mahasiswanya Tewas, Rektor UII Mengundurkan Diri

Namun, menurut Menristekdikti M.Nasir, mundurnya rektor tidak berarti kasusnya berhenti

Dr Harsoyo, Rektor UII Jogjakarta

Jogjakarta - Dr Harsoyo, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta, akhirnya mengundurkan diri usai melakukan pertemuan dengan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir, Koordinator Kopertis Wilayah V, Ketua Yayasan UII serta Harsoyo sendiri sebagai Rektor UII.

Pengunduran diri Harsoyo disampaikan langsung kepada media yang hadir, dan sebagai pimpinan Harsoyo meminta maaf kepada segenap masyarakat. Menurutnya, Mapala yang telah berdiri sejak tahun 1974 itu baru mengalami kejadian memilukan pertama kali ini saat pendidikan dasar (Diksar) di Gunung Lawu.

"Saya mengundurkan sebagai rektor UII sebagai tanggung jawab moral. Ada hal-hal yang harus dilakukan sehingga terpaksa saya tangani dulu karena harus disaksikan. Kesalahan bukan pada anak buah tapi pada pimpinan," ucap Harsoyo dalam pernyataan pengunduran dirinya sebagai rektor UII pada Kamis (26/01) di Jogjakarta.

Sementara itu, Menristekdikti, M Nasir mengapresiasi sikap dari Harsoyo yang telah menunjukkan tanggungajwab moral. Namun, menurut Nasir, mundurnya rektor tidak berarti kasusnya berhenti, tetap berlanjut sesuai dengan pengusutan yang telah dilakukan oleh pihak kepolisian.

"Tapi tidak berarti berhenti dari kasus ini, harus kasusnya sampai selesai. Urusannya harus selesai," jelas Nasir.[]

TAGS : rektor uii kekerasan diksar mapala




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :