Jum'at, 03/02/2023 19:41 WIB

Loga UMKM Ditjen Hortikultura Diluncurkan, Ini Makna dan Filosofinya

Loga UMKM Ditjen Hortikultura Diluncurkan, Ini Makna dan Filosofinya.

Loga UMKM ini diluncurkan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo usai memberikan arahan dan membuka Jambore Hortikultura 2022, yang dibelar di Hotel Margo, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (2/12).

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menuncurkan logo Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) binaan Direktorat Jenderal Hortikultura (Ditjen Hortikultura).

Loga UMKM ini diluncurkan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo usai memberikan arahan dan membuka Jambore Hortikultura 2022, yang dibelar di Hotel Margo, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (2/12).

Seperti diketahui, penumbuhan UMKM merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19, termasuk UMKM produk olahan Hortikultura.

Direktur Jenderal Hortikultura (Dirjen Hortikultura), Kementan, Prihasto Setyanto menargetkan mencetak 630 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Hortikultura.

"Jadi, sampai tahun 2022 ada 420 UMKM Hortikultura dan ke depan akan kami kembangkan lagi targetnya 630 UMKM Hortikultura," kata Anton, sapaan akrab Prihasto.

Menurut Anton pelaku UMKM mempunyai kemampuan memproduksi hasil-hasil olahan produk-produk hortikultura. Untuk itu, pihaknya akan mengkonsolidasikan UMKM binaan Ditjen Hortikultura.

"Tinggal kita bina, tinggal kita konsolidasikan agar nantinya untuk pasar ekspornya mereka betul-betul bisa menyediakan barang dengan 3K (kualitas, kuantitas, dan kontinuitas). Jadi, 3K ini sebagai kepercayaan untuk produk-produk hortikultura di mancanegara," kata dia.

Selanjutnya, Anton mengatakan, untuk menjamin kualitas produk olahan yang dihasilkan oleh UMKM Hortikultura binaan, pihaknya memberikan penanda khusus berupa sebuah logo pada setiap produk olahan yang dihasilkan.

"UMKM yang menjadi binaan Ditjen Hortikultura kami berikan logo khusus. Dengan begitu, kita bisa mengetahui mana saja yang menjadi binaan dan mempermudah proses monitoring untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan," tutur Anton.

Adapun makna dari logo UMKM Hortikultura ini diuraikan Anton, yakni warna hijau pada daun melambangkan keteduhan dan kesegaran yang mampu membangkitkan energi positif.

Gambar cabai, bawang merah, wortel, jamur, mangga dan jeruk mencerminkan keanekaragaman produk hortikultura segar yang potensial untuk menjadi produk olahan UMKM.

Kemudian, gambar tanah memberikan arti sumber kehidupan. Tanah yang dikelola dengan baik, akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Lingkaran berwarna kuning melambangkan makna kemitraan yang terarah, terkoneksi baik, dan satu kesatuan

"Terakhir, UMKM itu harus terus beradaptasi dengan teknologi. Oleh karena itu, warna silver dipilih untuk tulisan UMKM berwarna silver yang menggambarkan UMKM berkilau, futuristik, dan adaptif dengan teknologi baru," imbuh Anton.

TAGS : Logo UMKM Kementan Jambore Hortikultura 2022 Prihasto Setyanto Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :